International Islamic Education Expo (FOTO: Feri Kodri)

@Rayapos.com | Jakarta – Kementerian Agama Republik Indonesia ingin mengenalkan  pendidikan Islam ke kancah internasional. Hal ini perlu diwujudkan, mengingat jumlah umat Islam di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia.

Melalui acara International Islamic Education Expo 2017, Kemenag berharap dapat menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan tersebut.

“Acara Expo International Islamic Education yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, sebenarnya bagian dari rencana besar mengenalkan Indonesia sebagai sentral pendidikan Islam dunia,” ujar Dirjen Pendidikan Islam, Prof Kamaruddin Amin di Gedung Kemenag RI, Rabu, (15/17).

Pameran yang akan berlangsung selama empat hari ini, diharapkan dapat menyebarluaskan berbagai informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia kepada pengunjung asing dan sebaliknya.

Sejumlah acara dalam expo ini, antara lain Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, dan Kompetisi Robotik Madrasah.

Prof Kamaruddin mengatakan, dalam jangka pendek pameran ini akan membuat Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional sebagai tujuan studi Islam yang menarik.

Editor: Danang Wikanto

BAGIKAN