Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo menggelar apel bidang kesehatan jelang Asian Games 2018 | Foto: Rayapos/BINTANG

@Rayapos | Jakarta – Indonesia sebagai tuan rumah event bergengsi, Asian Games 2018 tentunya terus melakukan persiapan matang. Salah satunya dari sisi pelayanan bidang kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo mengatakan bahwa Apel Siaga Bidang Kesehatan Asian Games. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kesiapan para personil yang akan turun langsung dalam layanan bidang kesehatan.

“Peran layanan kesehatan yang optimal pada major event sangat penting. Ketidakoptimalan layanan kesehatan dapat menyebabkan kecacatan dan kematian yang pada akhirnya dapat memberi dampak buruk bagi citra negara,” jelas Untung di Monumen Nasional, Rabu (8/8/2018) pagi.

Kementerian Kesehatan selaku penanggung jawab sudah melakukan beberapa langkah diantaranya adalah pengawasan dan pemantauan di wisma atlet dan venue, serta menyiagakan medical center maupun poliklinik di area sekitar pertandingan.

Baca Juga:

Kemenhub Minta Driver Ojek Online Tak Demo saat Pembukaan Asian Games

Jelang Asian Games, Sat Gultor TNI Gelar Simulasi Penanggulangan Teror

Bahkan Kemenkes juga menyediakan ambulan, penyiapan rumah sakit rujukan, pelatihan Higiene Sanitasi Pangan bagi penanggung jawab dan catering di sekitar venue dan wisma atlet.

Pelayanan kesehatan dalam Asian Games akan difokuskan dalam dalam empat bidang utama seperti bidang Kesehatan lingkungan dan surveilans, bidang layanan kesehatan dan gawat darurat, bidang keamanan pangan, serta bidang komunikasi & penyebaran informasi.

“Selain itu, kesiapan Kementerian Kesehatan juga didukung oleh kerja keras tim pelaksana lapangan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Rumah Sakit Rujukan,” tuturnya.

asian-games-kemenkes-2

Selanjutnya selepas apel pagi, Sekjen Kemenkes juga menyempatkan diri untuk meninjau beberapa mobil ambulans yang akan dipakai saat Asian Games berlangsung.

Editor: Hadie Ismanto

BAGIKAN