Kemenpan-RB: Rekrutmen CPNS 2017 Gunakan Formasi Khusus

rayapos.com - ptt
Petisi diajukan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II-B Lampung tentang penolakan atas kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dinilai mendiskriminasi lulusan dari perguruan tinggi dan program studi terakreditasi C tidak bisa melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Foto: megapolitan.harianterbit.com)

@Rayapos | Bandung: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menuturkan pola rekrutmen CPNS pada 2017 tidak akan secara massal, tapi memakai formasi khusus.

“Rekrutmen CPNS nantinya tidak secara massal, tapi ambil ASN dari formasi khusus, yakni dari lulusan sekolah pendidikan kedinasan,” kata Menpan RB Asman Abrur, disela-sela kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah Kabupaten/Kota Wilayah I, di Bandung, Rabu (25/1).

Ia menjelaskan salah satu bentuk dari formasi khusus itu adalah mengalokasikan sebagian kuota untuk penyandang disabilitas dan lulusan pendidikan kedinasan.

“Saudara-saudara kita yang disabilitas juga yang menjadi formasi khusus rekrutmen CPNS. Tahun ini kami buka untuk formasi khusus dan mulai sekarang sudah dibuat formasi,” ucapnya.

Menurut dia, untuk bisa mendapatkan PNS yang berkualitas maka standar nilai akademik peserta CPNS harus ditingkatkan yakni harus lulusan perguruan tinggi negeri dengan akreditsi ‘A’.

“Dengan format khusus tersebut maka bisa direkrutmen CPNS yang memiliki kualitas terbaik dari dari perguruan tinggi terbaik dan kami utamakan ke depan ASN harus bersumber dari jebolan perguruan tinggi akreditasi A, IPK cumlaude, kalau ASN gitu saya yakin birokrasi kita akan maju,” tuturnya.

Rekrutmen CPNS format khusus, lanjut Menpan RB, juga akan dikhususkan bagi para atlet yang berprestasi di ajang nasional seperti PON hingga internasional seperti Olimpiade. [ant]

Comments

comments