Kementerian BUMN Beri Penghargaan Kepada Direksi PT Pertamina

rayapos.com - Kementerian BUMN
Kementerian BUMN (Foto:Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Kementerian BUMN atau Badan Usaha Milik Negara memberikan penghargaan kepada dua direksi PT Pertamina (Persero) yaitu Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang dan Direktur Keuangan Arief Budiman, yang termasuk sebagai 16 tokoh berprestasi dari seluruh BUMN.

Ahmad Bambang meraih penghargaan untuk bidang pemasaran dan “branding”, sedangkan Arief Budiman meraih penghargaan untuk bidang keuangan, kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro dalam siaran persnya di Jakarta, Senin(30/1).

Penghargaan dari Kementerian BUMN diserahkan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam pembukaan acara “Executive Leadership Program” (ELP) bagi Direksi BUMN di Istana Presiden Republik Indonesia, akhir pekan lalu.

Wianda mengatakan Pertamina dinilai berhasil menyiasati situasi dinamis dari lingkungan industri akibat penurunan harga minyak mentah dunia, dengan indikator keuangan yang solid. Salah satunya tercermin dari laba bersih yang mencapai 2,83 miliar dolar AS per September 2016.

“Selain itu sukses mengawal efisiensi dan penciptaan nilai tambah melalui Breakthrough Project 2017 dengan pencapaian pada periode tersebut sebesar 1,6 miliar dolar AS,” tuturnya.

Direktorat Keuangan Pertamina dianggap berhasil membangun fondasi keuangan yang solid melalui empat program transformasi, yaitu penggunaan teknologi, peningkatan kualitas layanan, pengembangan kapabilitas baru, dan penguatan organisasi dan SDM.

Pertamina juga dinilai sukses dalam memasarkan sekaligus menguasai pasar produk hilir nonsubsidi yang pasarnya telah terbuka untuk perusahaan lain dengan tingkat kompetisi yang ketat.

Tiga terobosan penting dan mendasar dari aspek pemasaran yang diterapkan Pertamina tahun lalu, yaitu mengubah budaya pemasar di Pertamina untuk menjadi “the truly marketer”.

Yaitu melakukan efisiensi dan penciptaan konsep pemasaran yang baru yaitu inovasi produk yang sangat sejalan dengan 5 Pilar Prioritas Strategis Pertamina.

Menurut Wianda, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi tinggi para pekerja Pertamina untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan negara.

“Pencapaian ini akan menjadi pemicu bagi segenap insan Pertamina untuk terus meningkatkan kinerja dengan komitmen komitmen tinggi sehingga cita-cita Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia dengan usahanya yang terintegrasi dari hulu hingga hilir dapat terwujud,” ucapnya.[ant]

Comments

comments