Acara pembaptisan Pangeran Louis of Cambridge (Twitter/KensingtonPalace)

@Rayapos | Jakarta – Upacara pembaptisan Pangeran Louis dilangsungkan pada Senin (9/7/2018) lalu. Namun pihak Istana Kensington Palace baru merilis foto-foto resmi dari acara yang dilaksanakan di kapel istana St. James itu.

Pembaptisan anak ketiga dari Pangeran William dan Kate Middleton itu dilakukan pada saat sang bayi yang bernama lengkap Louis Arthur Charles menginjak usia 11 minggu.

Hampir seluruh keluarga kerajaan Inggris hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh The Duke & Duchess of Cambridge ini. Namun sayangnya nenek buyut alias Ratu Elizabeth II tak dapat hadir dikarenakan agenda kerajaan yang mengharuskannya berada di Norfolk.

Pun begitu, kakek dan nenek dari Louis, Pangeran Charles serta istri keduanya, Camila Parker Bowles turut meramaikan pembaptisan Louis.

Seperti seluruh royal baby lainnya, Louis mengenakan gaun berbahan silk dan lace (renda) untuk upacara pembaptisan. Gaun ini merupakan gaun yang sama yang juga dikenakan oleh kedua kakaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte di tahun 2013 dan 2015 lalu.

Gaun tersebut merupakan replika dari gaun yang dikenakan anak-anak Ratu Victoria sejak tahun 1841. Kala itu, Ratu Victoria menilai gaun tersebut sangat indah dan sesuai dengan nilai kebangsawanan. Sehingga seluruh bayi bangsawan diharuskan mengenakannya saat upacara pembaptisan.

Namun karena usia gaun yang sudah terlalu tua, Ratu Elizabeth pun memerintahkan desainer istana yakni Angela Kelly dan tim istana untuk membuat replikanya pada tahun 2008.

Sebagai informasi, gaun pembaptisan yang asli telah dikenakan oleh 62 royal babies selama 163 tahun, termasuk Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran Harry.