Ketua DPRD DKI Datang, Petugas Buru-Buru Siram Rumput RPTRA Kalijodo

@Rayapos | Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mengunjungi RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, Rabu (1/8/2018). Ia sengaja datang untuk melihat langsung keadaan RPTRA bekas lokalisasi itu, menjelang gelaran Asian Games 2018.

“Saya mau menyikapi aja menjelang Asian Games, sejauh mana kesiapannya, artinyakan lokasi ini menjadi perhatian dunia luar juga,” kata Prasetio.

Sesampainya di RPTRA Kalijodo, Prasetio yang didampingi Ketua Fraksi Nasdem Bestari Barus dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono pun dibuat geram lantaran seluruh rumput di area RPTRA dengan luas lahan 5.489 meter persegi itu, terlihat kering kerontang.

“Ini kan ada lahannya untuk masyarakat berwisata yang kita tahu dulujya ini tempat lokalisasi, kenyataan yang ada hari ini, taman tidak ada perawatan, rumput mengering, toilet kotor keran rusak, tiang sudah mulai bengkok,” ungkapnya.

Baca juga:

Bicara di Media Asing, AHY: Tidak Masalah Non-Muslim Jadi Pemimpin Negara

Daftar 5 Perwira Berpangkat AKBP Dicopot Polri

Menteri Susi Rekomendasi Sultan HB X Jadi Cawapres Jokowi

Sambil melihat rerumputan dan pohon yang mulai mengering, Pras CS dibuat geram lantaran para pengurus RPRTA dari dinas pertamanan Suku Dinas, Jakarta Barat tidak terlihat di lokasi RPTRA Kalijodo.

Namun tidak sampai 30 menit, Prasetio melakukan peninjauan, muncul seorang petugas dari Suku Dinas pertamanan Jakarta Utara yang berusaha melakukan penyiraman dengan selang yang panjangnya tidak mampu menjangkau seluruh area RPTRA.

“Kita datang mereka baru nyiramin,” ujar Pras.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

Melihat hal itu, Politisi PDI Perjuangan ini pun mempertanyakan perihal keringnya rumput-rumput di RPTRA Kalijodo, kepada petugas dari Suku Dinas Pertamanan Jakarta Utara, Muhammad Arifin.

“Kenapa begini (kering), kamu dari dinas apa, pimpinan kamu siapa?” tanya Pras.

“Saya dari suku dinas pertamanan Jakarta Utara pak,” jawab Muhammad Arifin.

Dihadapan Pras dan dua orang ketua Fraksi di DPRD DKI Jakarta, Muhammad Arifin beralasan keringnya rumput di RPTRA Kalijodo lantaran kurangnya curah hujan dan tanah urukan yang terbilang tipis, sehingga tidak memungkinkan rumput untuk tumbuh maksimal.

“Setiap hari kita siramin Pak, struktur tanahnya tipis akarnya agak sulit, ini juga musim panas,” tegas Arifin.

“Ya kalau kalau kamu siramin setiap hari bisa kan,” sahut Pras.

Lebih Lanjut, Muhammad Arifin mengaku agak kesulitan melakukan penyiraman, karena fasilitas selang yang tidak menjangkau seluruh area RPTRA.

“Selang nya ada pak tapi kurang (panjang), saya dikasih kok (minta sama atasan) , kalau pemupukan juga pernah kita lakukan,” kata Muhammad Arifin.

Mendengar hal tersebut, Prasetio mengaku, DPRD DKI Jakarta bakal memanggil Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, yakni Dinas Pertamanan untuk memastikan perawatan RPTRA warisan mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

BAGIKAN