Kolonel Sanders sebagai golo KFC. Foto: Dok KFC

@Rayapos | Wajahnya jadi logo Kentucky Fried Chicken (KFC). Pria tua, berjenggot, kacamata, bertongkat. Dialah Harland David Sanders. Pendiri – pemilik KFC.

Dia dikenal sebagai Kolonel Sanders. Gelar Kolonel, bukan pangkat militer.

Sanders pernah masuk US Army, tapi prajurit biasa. Gelar itu penganugerahan Gubernur Kentucky, Ruby Laffoon pada 1935. Sebab, ayam goreng buatannya terkenal di Kentucky di zaman itu.

Sejak itu dia selalu disapa Kolonel Sandres. Kini ayam gorengnya terjual di seluruh dunia. Ada sekitar 21.000 restoran KFC, tersebar di lebih dari 130 negara.

Dikutip dari Daily Mail, Perjuangan Sanders untuk mencapai kesukesan diawali dengan menjalani berbagai pekerjaan. Puluhan pekerjaan dia jalani. Selalu tidak cocok. Atau sering dipecat.

Puluhan kegagalan menggilas hidupnya. Sekali sukses, wajahnya mendunia.

Resep ayam goreng baru muncul di usianya ke-40. Lima tahun kemudian mulai terkenal. Praktis, dia mengawali sukses di usia 45.

Sanders lahir 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Sulung dari bersaudara. Anak pasangan suami-isteri Wilbur David Sanders dan Margaret Ann Sanders.

Ayahnya buruh tani. Ibunya penganut Kristen taat, mengurus anak-anak.

Biasa Memasak untuk Adik-adiknya

Suatu hari di musim panas tahun 1895, saat Sanders masih balita, ayahnya pulang kerja dalam kondisi demam tinggi. Dirawat di RS beberapa hari, meninggal.

Hidup keluarga Sanders berubah drastis. Hidup keluarga buruh tani yang semula sudah sulit itu, jadi semakin sulit.

Usai hari berkabung, ibunya, Ann, segera mencari pekerjaan. Tanpa pendidikan yang memadai, Ann diterima sebagai buruh pabrik pengalengan tomat di kotanya.

Sanders cilik menjadi pengasuh dan merawat adik-adiknya di rumah. Dia harus membujuk agar adik-adiknya tidak menangis ditinggal ibunya bekerja. Sampai sang ibu pulang kerja.

Sanders, ibunda, dan adiknya. Foto: Dok KFC
Sanders, ibunda, dan adiknya. Foto: Dok KFC

Tidak gampang bagi Sanders membujuk adik-adiknya tidak menangis. Sepekan-dua pekan bisa. Selanjutnya, bujukannya tidak ampuh lagi.

Sanders kecil putar otak. Akhirnya dia memutuskan, memasak. Dia memasak dari bahan roti, sayuran dan daging. Adik-adiknya senang. Tidak lagi mencari ibunya.

Tapi bisa dibayangkan, masakan anak lima tahun pastinya tak beraturan. Adik-adiknya mau saja memakan masakan Sanders, sebab hanya itu yang ada.

Kelak, saudara-saudaranya bercerita, Sanders pada usia tujuh tahun sudah pandai memasak. Bahan bakunya tetap: Roti, sayuran dan daging.

Minggat dari Rumah

Pada usia 10 tahun, Sanders mulai bekerja sebagai buruh tani. Menirukan pekerjaan almarhum bapaknya.

Tapi, pagi-pagi sebelum berangkat, dia tetap memasak untuk persediaan makan adik-adiknya. Makan pagi, siang dan sore.

Sang ibu kemudian memutuskan menikah lagi pada 1902. Keluarganya pindah ke Greenwood, Indiana. Sanders dan adik-adiknya pun ikut.

Namun kemudian Sanders memilih kabur dari rumah, karena ayah tirinya kerap memukul. Saat itu usia Sanders 12 tahun.

Dengan seizin ibunya, Sanders meninggalkan Greenwood pada 1906. Dia berkelana menuju New Albany, tempat pamannya bekerja di perusahaan trem.

Lalu, dibantu pamannya dia mendapat pekerjaan sebagai seorang kondektur trem.

Tak lama jadi kondektur, Sanders keluar. Dia masuk jadi relawan Angkatan Darat pada usia 15 tahun. Dia memalsukan tanggal lahir, jadi berusia 17 agar dapat masuk militer.

Di militer Sanders juga tidak bertahan lama. Dia keluar.

Usai menyelesaikan tugasnya di militer, dia memutuskan untuk tinggal dengan pamannya yang lain di Sheffield, Alabama.

Terus Berpindah Pekerjaan

Pada 1907 hingga 1920, Sanders pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Mulai dari asisten pandai besi, petugas pemadam kebakaran, agen asuransi, dan buruh pabrik.

Di usia 18, pada 1908, ketika penghasilannya sudah cukup stabil, Sanders memberanikan diri menikahi Josephine King.

Sanders bertemu Josephine King ketika dia bekerja di perusahaan kereta api. Pernikahan mereka dikaruniai tiga anak. Dua perempuan, satu lelaki. Tapi yang lelaki meninggal saat masih kecil.

Sepanjang menikah, Sanders juga berganti-ganti pekerjaan. Kebanyakan, karena dia dipecat akibat keras kepala.

Berbagai pemecatan dalam pekerjaan, membuat istrinya tidak tahan. Sang isteri meninggalkannya begitu saja. Mereka berpisah.

Dua anak dibawa sang isteri, pulang ke rumah orang tua isteri. Artinya, anak-anak ikut ibu, tinggal di rumah kakek-nenek.

Salah seorang saudara Josephine mengatakan: “Josephine tidak mau menikah dengan orang yang tidak dapat memiliki pekerjaan,” tulis saudara Josephine kepada Sanders dalam sepucuk surat.

Selama bertahun-tahun, dia mencoba banyak pekerjaan, tapi tidak berhasil mendapatkannya.

Pada usia 40 tahun, Sanders berupaya mengambil pendidikan program hukum. Namun, dia tidak pernah menyelesaikannya.

Sanders putus asa. Dia merasa jatuh sebagai seorang pria yang tidak bisa membuat perubahan dalam hidup.

Awal Buka Rumah Makan

Dalam kondisi stress berat, tahun 1930 dia mendapat kabar bahwa Shell Oil Company menawarkan sebuah bengkel tak terpakai di Desa Corbin, Kentucky. Bengkel kuno. Tak terurus.

Penawarannya, bengkel disewakan gratis. Shell hanya minta sedikit bagi hasil dari operasional bengkel.

Sanders maju. Menerima tawaran itu. Dia jalankan bengkel. Sekaligus buka stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Sebab, lokasinya di pinggir jalan utama desa.

Lokasi itu pinggir jalan desa yang sepi. Tapi dilewati orang dari Tennessee ke Florida.

Saat itulah Sanders mulai menyajikan hidangan ayam. Dia juga menyediakan sejumlah makanan lain seperti steak, ham, dan banyak lagi.

Sanders memasak sendiri. Sudah biasa baginya. Seperti dulu dia memasak untuk dia dan adik-adiknya. Steak, ham, sayuran. Juga ayam goreng.

Ternyata yang paling laku adalah ayam goreng. Makanan lain kurang laku. Bengkel pun sepi. Hanya SPBU dan ayam goreng yang laku.

Dia kemudian menutup bengkelnya. Fokus ke restoran. Lebih fokus lagi ke ayam goreng.

Akhirnya sukses. Sanders sampai kewalahan melayani pembeli ayam goreng. Dia terus memikirkan cara, agar memasak dengan cepat. Juga mempertahankan bumbu ayam goreng.

Pada 1930 restorannya diberi nama Harland Sanders Restaurant. Itulah cikal bakal berdirinya KFC. Spesialis ayam goreng.

Bengkel diubah jadi restoran. Inilah restoran pertama Sanders. Foto: Dok KFC
Bengkel diubah jadi restoran. Inilah restoran pertama Sanders. Foto: Dok KFC

Diberi Gelar Kolonel

Bagi warga Amerika, itu sesuatu yang baru. Warga sana lebih suka makan steak dan ham. Itu menu kegemaran. Tapi di restoran Sanders justru lebih laku ayam goreng.

Keunikan itu justru membuat restoran Sanders terkenal di sekitaran Kentucky. Sampai-sampai kritikus kuliner, Duncan Hines, datang mencicipi. Hines ternyata suka pada ayam goreng Sanders.

Akhirnya, Hines memasukkan Harland Sanders Restaurant ke dalam panduan wisata kuliner. Diumumkan, jika ingin makan ayam goreng yang enak, datanglah ke Restoran Sanders.

Lima tahun dari saat dia buka restoran, pada 1935 restorannya didatangi Gubernur Kentucky, Ruby Laffoon. Sang Gubernur tertarik, sebab warganya banyak membicarakan ayam goreng buatan Sanders.

Ternyata Gubernur Laffoon juga suka pada ayam goreng Sanders. Laffoon bahkan ngobrol dengan Sanders yang selalu menjaga restorannya.

Dari obrolan itu Laffoon tahu, bahwa Sanders pernah masuk militer dengan pangkat prajurit rendah.

Saat itu Laffoon mengatakan: “Sejak sekarang, anda saya panggil Kolonel Sanders.”

Ucapan gubernur itu didengar banyak orang. Sejak itu pula Sanders dipanggil dengan pangkat Kolonel.

Saat itulah bintang Sanders mulai terang. Saat itu dia berusia 45 tahun.

tentang resep ayam gorengnya, konon Sanders menggunakan pressure cooker. Tujuannya supaya proses memasak cepat. Hasilnya masakan jadi empuk. Dan, resep 11 bumbu rempah.

Biasanya menggoreng ayam butuh sekitar 30 menit. Tapi dengan alat itu jadi 9 menit. Pelanggan tidak perlu menunggu lama sehingga jumlah pesanan makin meningkat.

Pada 1939, dia membeli sebuah motel di Asheville, Carolina Utara. Di situ juga dibuka restoran ayam goreng.

Selama Perang Dunia II berlangsung, pasokan gas dijatah. Hal tersebut berdampak pada jumlah pelanggan yang berkurang hingga akhirnya dia menutup motel.

Usai perang, Sanders balik lagi buka restoran ayam goreng. Di Desa Corbin, Kentucky, lagi. Kali ini dia fokus di situ. Tidak pakai motel atau yang lain.

Harland David Sanders
Harland David Sanders

Kesuksesan Sanders, sebenarnya dimulai ketika dia membuka waralaba. Dan, orang pertama yang membeli waralaba Sanders adalah Pete Harman.

Harman membuka restorannya di Salt Lake City pada 1952. Restoran Harman terbesar di kota itu. Di situ disajikan ayam goreng, waralaba Sandres. Ternyata laku keras.

Harman kemudian berpikir, bahwa sajian ayam goreng ini harus diberi merek. Harus ada namanya.

Harman meminta tolong temannya, seniman bernama Don Anderson, untuk memberi nama sekaligus logo.

Nama dan logo buatan Don Anderson adalah KFC dengan gambar foto orang tua (foto Sanders). Ini lantas dimintakan persetujuan ke Sanders selaku pemegang hak waralaba. Sanders setuju.

Sejak itu, 1952 nama KFC dengan logo Kolonel Sanders dimulai. Saat itu usia Sanders sudah 62 tahun. Dan, inisiatif penamaan KFC justru datang dari partnernya, Harman.

Sanders dan Harman. Foto: Daily Mail
Sanders dan Harman. Foto: Daily Mail

Pada 1955, penjualan di Corbin menurun karena pembukaan jalan tol Interstate 75. Sanders berkeliling seluruh negeri untuk menjual resep ayamnya sehingga waralaba KFC semakin ekspansif.

KFC menjadi pelopor waralaba yang meluas hingga ke pasar internasional.

Pada 1964, lebih dari 600 gerai waralaba tersebar di AS, kemudian menyebar hingga Kanada, Inggris, Meksiko, dan Jamaika.

Sanders memutuskan untuk menjual Kentucky Fried Chicken Corporation seharga 2 juta dollar kepada John Y Brown Jr pada 1964, ketika usianya 73 tahun.

Pada 1972, dia menggugat Heublein Inc, pemilik KFC selanjutnya, karena menggunakan potret dirinya sebagai bagian dari penjualan.

Namun, kesepakatan segera tercapai antara kedua pihak.

Sanders bercerai dari istrinya, Josephine, pada 1947. Dua tahun kemudian dia menikah dengan sekretarisnya, Claudia Ledington.

Tapi, Sanders tetap akrab dengan mantan isteri dan anak-anak mereka.

Sanders dan dua anak ceweknya. Foto: Daily Mail
Sanders dan dua anak ceweknya. Foto: Daily Mail

Setelah menjual waralabanya, pasangan tersebut tinggal di sebuah bungalow di Mississauga, Ontario.

Baca Juga:

Zumi Zola Terima Gratifikasi Rp 41 Miliar dan Mobil Alphard

Habib Bahar Dilaporkan Polisi Karena Dugaan Pemukulan Anak, Benarkah?

Sudah 3 Malam Underpass Matraman Mati Lampu Karena Rusak

KFC Akhirnya Mendunia

KFC pertama kali go public pada 1966 dan terdaftar dalam New York Stock Exchange pada 1969. Hublein Inc membuat ayam goreng itu terjual di 3.500 gerai.

KFC menjadi anak perusahaan dari RJ Reynolds Industries Inc (sekarang RJR Nabisco Inc), ketika Heublein Inc diakuisisi oleh Reynolds pada 1982.

KFC diakuisisi pada Oktober 1986 dari RJR Nabisco Inc oleh PepsiCo Inc senilai 840 juta dollar AS.

Meski demikian, Sanders tetap aktif sebagai duta resmi dan muncul dalam iklan untuk perusahaan KFC.

Pada 1980, Sanders didiagnosis menderita leukemia akut. Dia meninggal dunia pada 16 Desember 1980 di usia 90 tahun. (*)

Makam Sanders. Foto: Daily Mail
Makam Sanders. Foto: Daily Mail
BAGIKAN