Kinerja Badan Narkotika Nasional Yang Kian Baik, Tuai Pujian Dari Anggota DPR RI

@Rayapos | Bandung: Kinerja Badan Narkotika Nasional (BNN) di bawah komando Komjen Budi Waseso (Buwas), akhir-akhir ini terus menuai pujian dari berbagai kalangan. Dari serangkaian penangkapan jaringan narkoba, terbongkarnya penyelundupan barang haram tersebut, hingga pemberangusan beberapa pejabat tinggi daerah karena menggunakan narkoba, BNN kian bersinar.

Apalagi Presiden Jokowi memang telah menyatakan bahwa Indonesia saat ini berada dalam situasi darurat narkoba dan untuk itu telah mendeklarasikan perang terhadap pengedar, bandar, hingga pemakai zat-zat yang sangat destruktif tersebut.
Tak ketinggalan juga, DPR RI, menyoroti kinerja Buwas dan instansi yang ia pimpin. Anggota Komisi III DPR Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengapresiasi kinerja Badan Narkotika Nasional (BNN) yang semakin meningkat. Menurutnya, BNN kini tidak hanya mampu membongkar jaringan narkoba di lapas saja tetapi  juga jaringan antar negara, bahkan pejabat negarapun menjadi sasarannya.

“Ini menunjukkan keseriusan BNN dalam memberantas narkoba, sehingga perlu mendapat dukungan yang penuh,” kata Habib Aboe Bakar di Bandung, Jawa Barat.
Lebih lanjut Politisi PKS ini menjelaskan, peningkatan status BNN adalah langkah maju dalam melaksanakan pemberantasan Narkoba, dimana sengan status BNN yang setara dengan Kementerian diharapkan akan memperkuat upaya negara ini untuk perang melawan narkoba.

“Ini adalah pilihan yang tepat disaat Indonesia sedang mengalami darurat narkoba. Saya berharap dengan kenaikan status ini pula kinerja BNN akan semakin meningkat,” tambahnya.

Menurut Habib, ada tiga nilai plus ketika BNN dinaikkan sekelas kementerian. Pertama, meningkatnya pola komunikasi dengan lembaga lain, karena posisinya lebih sejajar dengan kementerian. Tentunya dengan kondisi ini diharapkan kerja sama yang baik lintas lembaga dalam pemberantasan narkoba dapat ditingkatkan.

Kedua, daya dukung Sumber Daya Manusia (SDM)  juga akan bertambah. Sehingga kegiatan pencegahan maupun penindakan akan semakin meningkat dan ketiga, daya dukung anggaran juga akan disesuaikan. Karena terjadi kenaikan grade kelembagaan, maka anggaran yang diberikan harus disesuaikan.

Ketiga perubahan ini menurut Politisi dapil Kalsel I akan memberikan power yang lebih kepada BNN untuk meningkatkan kinerja. Baik dalam proses pencegahan, peredaran narkoba maupun proses penindakannya.

“Sehingga diharapkan dengan hal itu akan mampu menekan peredaran narkoba di Indonesia dan tentunya dapat menyelamatkan generasi muda kita dari pengaruh narkoba,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY