Sule saat di Pengadilan Agama Cimahi, Bandung.

@Rayapos | Bandung – Perceraian presenter Sule dan Lina di Pengadilan Agama (PA) Cimahi, Bandung, berlanjut. Lina selaku penggugat, berjuang agar hak asuh anak jatuh padanya. Dari 4 anaknya, dua yang masih di bawah umur diharapkan ikut ibu.

Sedangkan dua anak yang sudah dewasa, dibebaskan menentukan pilihan. Menurut kuasa hukum Lina, Abdurahman T Pratomo, Lina ingin semua anak ikut padanya. “Tapi, anak yang sudah dewasa dibebaskan memilih,” katanya.

Berdasarkan Undang-undang, akibat perceraian, anak-anak yang sudah dewasa bebas menentukan hak memilih ikut salah satu orang tuanya.

“Jadi, yang kecil, anak ketiga dan keempat kami meminta hak asuhnya pada ibunya,” kata Abdurahman.

Apakah ini serius? “Fix bercerai. Walaupun di luar agenda sidang masih bisa dilakukan upaya mediasi. Tapi tergantung masing-masing pihak,” kata Abdurrahman di Pengadilan Agama, Cimahi, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (26/7/2018).

Upaya mediasi di luar persidangan masih bisa berlanjut, meski agenda persidangan sudah memasuki pokok permasalahan.

“Kalau memang Kang Sule mau ada upaya itu (mediasi di luar persidangan) silahkan. Upayakan maksimal,” ujarnya. Walaupun Lina sudah memantapkan hati, tetap bercerai.

Selain penyampaian hasil mediasi, sidang lanjutan yang dilakukan secara tertutup ini juga membahas pembacaan gugatan.

“Materi gugatan kami hanya dua poin. Satu cerai kemudian yang kedua menuntut hak asuh anak,” katanya.

Diduga, Sule Selingkuh

Dari dua kali sidang sebelumnya, terungkap bahwa perjuangan pernikahan Sule dengan Lina dimulai dari nol. Saat itu, pada 1997

Saat mereka pacaran, Sule tidak bekerja tetap. Dia pelawak yang belum laku. Diminta naik dari panggung ke panggung. Upahnya pada saat itu (1997) Rp 10.000 per minggu.

Maka, ketika Sule berniat menikahi Lina, orang tua Lina tidak setuju. Tapi Sule-Lina keukeuh menikah. Akhirnya mereka dikaruniai 4 anak: Rizky, Rizwan, Putry Delina, dan Ferdinand.

Seiring perjalanan waktu dan kesempatan, karir Sule menanjak. Akhirnya dia jadi salah satu presenter top Indonesia.

Baca Juga:

Ngeri… Wanita Ini Terseret KA Akibat Gaun Tersangkut

Sandiaga: Jangan Lagi Sebut Kali Item, Nanti Item Terus

Pemerkosa Mahasiswi Belanda Masih Berusia 18 Tahun

Lina menggugat cerai, kabarnya karena Sule selingkuh dengan seorang pramugari. Dikabarkan pula, perselingkuhan itu sudah menghasilkan dua anak.

Digugat cerai, Sule keberatan. Dia berusaha agar rumah-tangganya tetap utuh. Tidak bercerai. “Kasihan anak-anak. Juga perceraian tidak disukai Allah,” kata Sule.

Terus, bagaimana dengan tudingan bahwa Sule selingkuh? Ditanya wartawan begitu, Sule menjawab dengan bercanda:

Sule mengatakan: “Itu wajar. Namanya manusia. Kan kalau ada dua orang di satu ruangan, berarti ada setan. Berarti yang ngomporin setan bukan manusia,” canda Sule dengan nada canda di Pengadilan Agama Cimahi Klas A1, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (5/7/2018).

Wartawan kembali menanyakan kejelasannya lebih dalam lagi pada Sule. Dijawab begini:

“Silakan, orang mau bilang saya kawin lagi, orang-orang bilang saya selingkuh sama pramugari anaknya sudah dua. Itu yang nulis hubunganya sama Allah,” katanya.

Sule tak mau membenarkan atau menyalahkan dugaan tentang dirinya yang dianggap berselingkuh dengan pramugari.

Tidak ada jawaban tegas dari Sule: Ya atau tidak. Jawabannya dibuat mengambang.

Dia mengatakan: “Lihat nanti, saya enggak bisa ngomong sekarang. Saya ngomong enggak bener ternyata bener bagaimana? Lihat nanti pembuktiannya, benar atau enggak. Kalau kebohongan itu ditutup-tutupi kayak terasi, ditutupi akhirnya akan kebongkar juga makanya saya mah tenang-tenang aja pasrah sama yang kuasa,” tuturnya.

Sule-Lina sudah pisah rumah sejak Desember 2017. Empat anaknya tinggal bersama Sule. Sedangkan, Lina tinggal terpisah.

Pada lebaran 2018 Sule mengajak semua anaknya menemui Lina. Katanya, hanya pertemuan singkat. Juga, belum ada pembicaraan bakal bercerai, walaupun sudah terpisah tempat tinggal. Akhirnya Lina menggugat cerai.

Menurut kuasa hukum Lina, penyebab gugatan cerai, antara lain, sebab Sule dinilai bertindak semaunya sendiri. Dalam mengambil keputusan terkait keluarga, Lina tidak dilibatkan.

Apakah mereka bakal benar-benar bercerai? Masih menunggu keputusan majelis hakim. (*)