Komisi II-Disdikor Hearing Kesiapan UNBK

@Rayapos | Ambon: Guna membahas masalah yang terkait dengan kesiapan para siswa kelas III SMP sebagai kesiapan menghadapi ujian nasional nanti, Komisi II DPRD Kota Ambon mengundang Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikor) Kota Ambon. Demikian diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Lucky Nikijuluw, kepada wartawan, di Ambon, Jumat (27/1).

”Jadi dalam pertemuan tadi selain menanyakan kesiapan menghadapi ujian nasional dengan kegiatan les-les tambahan apakah ada dana-dana khusus yang dipungut dari orang tua murid yang memberatkan atau tidak,” ujarnya.

Untuk itu, jelasnya, pihaknya juga ingin mengetahui tentang adanya pembebanan dana tambahan kepada setiap siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Ambon yang akan menghadapi ujian nasional (UN), tepatnya mereka dibebani biaya Rp 60 ribu per bulan untuk les tambahan. ”Ini jawaban yang kami terima dari Staf Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon saat melakukan pertemuan dengan Komisi II DPRD Kota Ambon tadi,” jelasnya.

Sesuai keputusan, jelasnya, setiap siswa yang akan mengikuti ujian nasional ternyata sudah mengikuti les tambahan sejak November 2016 dan berakhir nanti pada Maret 2017. Adapun  iuran sebesar Rp 60.000/bulan setiap siswa, ada juga dana BOS sebesar Rp 50.000/siswa untuk menunjang kegiatan-kegiatan les tersebut, dengan demikian sudah tidak ada masalah lagi.

Dijelaskannya, pihak Komisi menanyakan kesiapan setiap sekolah untuk menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2017. Menurut pihak Disdikor, sudah mengusulkan 10 sekolah masing-masing SMP Negeri 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 13, SMPN 14, SMP Kristen YPKPM, SMP Alwatan, dan SMP Xaverius. Sedangkan yang sudah melaksanakan ujian UNBK pada tahun 20126 lalu yakni SMP Lentera, SMPN 3 dan SMPN 6. Itu berarti tahun 2017 ada 13 sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikor Kota Ambon, John Lewaherilla, saat dikonfirmasi wartawan, mengakui dalam pertemuan tadi Komisi mempertanyakan dana tambahan dan juga kegiatan les-les tambahan bagi para siswa yang akan menghadapi ujian nasional.

Menurutnya, jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional nanti sesuai data sementara sebanyak 6.349siswa dari 54 sekolah. Di samping itu ada juga UNBK tahun 2017 di 13 sekolah. Pada tahun 2017 ini diusulkan 10 sekolah sedangkan tiga lainnya sudah melaksanakan pada tahun 2016.

Comments

comments

LEAVE A REPLY