Konsumsi Makanan Ini Untuk Jaga Kesehatan Mata

Jaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi sayuran dan buah (Foto:DokterMedis.com)

@Rayapos.com | Jakarta: Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting dalam kehidupan kita karena dengan mata kita bisa melihat, membaca dan menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa. Namun terkadang kita lupa untuk merawat kesehatan mata.

Secara tidak sadar, kegiatan sehari-hari menjadi faktor penyebab mata lelah dan perih, seperti membaca sambil tiduran dan menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat. Apalagi, perkembangan teknologi saat ini yang sudah semakin canggih, membuat kita tidak bisa melepaskan diri dari gadget atau handphone yang ada di genggaman.

Tidak jarang ketika kita sudah bersiap akan tidur, mata kita tidak terlepas dari layar handphone. Padahal ini tidak baik untuk kesehatan mata karena layar HP yang terang dapat menyebabkan sindrom mata lelah, yang tak cuma mengganggu penglihatan, tetapi juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh.

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya Anda rutin memeriksakan mata ke dokter agar penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Dengan pemeriksaan rutin, berbagai penyakit mata dan gejalanya dapat terdeteksi lebih dini dan pengobatannya tentu akan lebih mudah.

Berikut beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata, seperti dikutip dari laman doktersehat.com;

1. Wortel

Wortel sangat baik sebagai vitamin untuk mata karena banyak mengandung betakaroten. Betakaroten akan diolah oleh tubuh menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk mata.

2. Tomat

Selain kaya akan Vitamin C, buah tomat juga kaya akan Vitamin A yang sangat cocok untuk kesehatan mata manusia. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini, apa lagi harganya cukup murah dan mudah ditemukan dimana-mana.

3. Telur

Telur tidak hanya kaya akan Vitamin B12 dan juga Vitamin D, tapi juga kaya akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur dipercaya dapat mencegah penyakit katarak.

4. Coklat hitam
Bagi Anda yang tidak menyukai wortel, Anda bisa menggantinya dengan coklat hitam karena coklat hitam dipercaya dapat melindungi mata dari kebutaan berkat adanya flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata dan memperkuat kornea mata dan juga retina.
5. Sayur bayam
Bayam kaya akan kandungan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Itu berkat adanya kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat di butuhkan oleh mata manusia.

Comments

comments