Kopertis X Fasilitasi Kerja Sama PTS

@Rayapos | Padang: Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Riau akan terus memfasilitasi kerja sama perguruan tinggi swasta (PTS) di keempat provinsi tersebut dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri.

“Kita sudah mulai dengan memfasilitasi kerja sama antara Politeknik Mersing Malaysia dengan enam kampus swasta dan negeri di Sumatera,” kata Koordinator Kopertis X Prof Dr Herri, di Padang, Kamis (26/1).

Dia mengatakan bila melalui jalur sendiri, sebagian besar kampus swasta di keempat daerah tersebut tidak punya akses langsung untuk bekerja sama yang melibatkan pemerintah.

Melalui Kopertis, kampus swasta bisa dengan mudah menjalin hubungan dengan Kementerian Riset Teknologi dan Dikti dan instansi negeri lainnya yang membuka jalan kerja sama dengan luar negeri.

“Setelah politeknik kami akan menginisiasi kerja sama antara universitas atau sekolah tinggi swasta lainnya,” kata dia.

Meskipun demikian pihaknya mendukung kerja sama yang digagas kampus swasta tersebut secara mandiri.

Dia berharap kerja sama PTS ini bisa meningkatkan kualitas kampus swasta di keempat wilayah tersebut yang selama ini masih jauh tertinggal dari negeri, baik itu dalam hal sumber daya manusianya, sarana prasarana, maupun sistem pendidikannya.

“Kerja sama dengan instansi atau kampus lebih berkualitas bisa mendorong perkembangan kampus swasta tersebut,” kata dia.

Sementara itu salah satu pimpinan kampus swasta Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian di Sijunjung Maiyantoni mengatakan kerja sama dengan banyak instansi akan membantu permasalahan kampus swasta.

Terutama dalam membina mahasiswa atau pengajar yang dinilai masih jauh dari kampus negeri.

Dia berharap upaya Kopertis ini konsisten dan berkelanjutan. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY