KPK Siap Bantu Pemda Terkait Aset Bermasalah

rayapos.com - elektronik
Ruang Pers KPK. (Foto: rayapos / ARFA GANDHI)

@Rayapos | Medan: Komisi Pemberantasan Korupsi siap membantu pemerintah daerah, baik provinsi mau pun kabupaten/kota dalam hal pendataan aset daerah yang dinilai bermasalah.

Ketua Tim Koordinasi Supervisi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adliansyah Nasution di Medan, Rabu (25/1), mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada pemerintah daerah yang kesulitan dalam melakukan pendataan aset bermasalah seperti rumah dinas mau pun mobil.

Misalnya dalam hal membantu mencarikan solusi pada rumah dinas yang masih ditempati oleh pejabat yang sudah pensiun atau mobil dinas yang masih dipakai oleh mantan pejabat.

“Kita siap membantu. Baru-baru ini kita membantu Pemprov Sumut dalam hal menarik mobil dinas yang masih dipakai oleh mantan gubernur,” katanya pada acara monitoring dan evaluasi progres rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi yang diikuti lima kabupaten/kota di Sumut yakni Medan, Deliserdang, Binjai, Serdang Bedagai, dan Karo.

Penarikan terhadap fasilitas daerah yang masih dinikmati oleh mantan pejabat memang sudah seharusnya dilakukan, sehingga fasilitas seperti mobil atau rumah dinas tersebut dapat digunakan oleh pejabat yang masih aktif.

“Kalau mobil atau rumah dinas masih dipakai oleh yang sudah tidak berdinas lagi, kan kasihan mereka yang masih aktif. Padahal mereka juga membutuhkannya dalam upaya menunjang tugas-tugasnya sehingga meningkatkan kinerjanya,” katanya.

Pemerintah daerah dalam hal itu juga seharusnya dapat lebih tegas, dan tidak ada istilah “segan”, sehingga aset masih tetap dinikmati oleh mantan pejabat.

“Harus tegas, tarik semua aset yang masih dipakai oleh mantan pejabat. Kalau soal jaksa dan polisi biar urusan kami,” katanya. [ant]

Comments

comments