KPK Tunjuk Lima Orang Pakar Sebagai Pansel Penasihat KPK

rayapos.com - elektronik
Ruang Pers KPK. (Foto: rayapos / ARFA GANDHI)

@Rayapos | Jakarta:  KPK membentuk panitia seleksi (pansel) pemilihan penasihat KPK yang diketuai sosiolog Imam Prasodjo dan beranggotakan sejumlah pakar dan tokoh masyarakat.

“KPK kan kekosongan penasihat ini, dan harus diisi. Kita ketemu ada beberapa orang untuk membicarakan itu. (Pansel) ada 5 orang. Ada Saldi (Isra), Imam Prasodjo, Rhenald Kasali, Busyro Muqodas dan saya, ada 5 orang,” kata Mahfud MD di gedung KPK Jakarta, Senin (30/1/2017).

Saldi Isra adalah guru besar tetap Hukum Tata Negara Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, Imam Prasodjo merupakan sosiolog dari Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali adalah Guru Besar Ilmu Manajemen UI, Busyro Muqoddas adalah mantan pimpinan KPK sekaligus pernah juga sebagai ketua Komisi Yudisial (KY), sedangkan Mahfud MD adalah mantan ketua Mahkamah Konstitusi.

“Kriterianya nanti akan diumumkan secara resmi, artinya orang yang memang punya kapasitas,” ungkap Mahfud.

Kriteria tersebut menurut Imam akan diumumkan pada pekan depan.

“Mudah-mudahan minggu depan bisa diumumkan, kira-kira yang dipilih untuk penasihat KPK ke depan karena tantangan makin berat, jadi tipe karakter kompetensi apa yg diharapkan lembaga terhadap panitia seleksi,” ujar Imam.

Imam dalam pansel penasihat KPK ditunjuk sebagai ketua pansel. Iman juga menjadi ketua pansel penasihat KPK pada 2013 lalu.

“Tentu karena penasihat yang kita inginkan punya kompetensi, independensi dan juga kemampuan untuk mengkomunikasikan dan menjaring masukan dari seluruh masyarakat. Jadi tidak hanya kemampuan pribadi tapi kemampuan untuk menjaring segala macam pikiran dan keahlian,” ucap Iman.

Jabatan penasihat KPK sudah kosong selama hampir 2 tahun pasca-Suwarsono mundur dari posisi sebagai penasihat pada April 2015 karena urusan keluarga, sebelumnya BM Billah juga mundur karena memiliki hubungan keluarga dengan salah seorang pegawai KPK.

Dalam UU No. 30 tahun 2002 tentang KPK, penasihat KPK terdiri dari 4 orang. Dalam pasal 22 ayat 4 disebutkan calon anggota Tim Penasihat diumumkan terlebih dahulu kepada masyarakat untuk mendapat tanggapan sebelum ditunjuk dan diangkat oleh KPK berdasarkan calon yang diusulkan oleh panitia seleksi pemilihan.

Tim Penasihat berfungsi memberikan nasihat dan pertimbangan sesuai dengan kepakarannya kepada KPK dalam pelaksanaan tugas dan wewenang KPK

Comments

comments