Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Lamongan – KPU Lamongan mencoret empat nama bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Keempat politisi dari sejumlah parpol ini pernah tersangkut masalah korupsi.

“Empat Bacaleg ini adalah hasil dari verifikasi kami,” ujar Komisioner KPU Lamongan, Nursalam kepada awak media di Lamongan, Selasa (24/7/2018).

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, lanjut Salam, KPU langsung mengembalikan berkas pencalegan mereka ke parpol melalui Liaison Officer (LO) untuk diganti dengan caleg lain. Sayangnya, ia enggan menyebut siapa saja 4 bacaleg yang dicoret.

“Parpol pun tidak bisa ngotot mencalonkan, karena sesuai dengan PKPU memang (mereka) tidak diperbolehkan untuk menjadi caleg,” jelasnya.

Dengan keputusan yang diambil KPU ini, Salam berharap agar pihak parpol memahami peraturan yang ditetapkan PKPU sehingga pihaknya tidak perlu mencoret.

“Memang PKPU yang mengatur hal ini masih digugat ke MK, tapi sampai saat ini belum ada keputusan, sehingga kami hanya menjalankan sesuai aturan yang ada,” terangnya.

BAGIKAN