Kreator Perkenalkan Budaya Minang Lewat Komik

@Rayapos | Padang: Kreator komik Minang, Sumatera Barat, memperkenalkan budaya dan tradisi lokal melalui media komik kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Salah seorang kreator komik, Fanky Landerson, di Padang, Sabtu (28/1), mengatakan para kreator komik yang ada di Sumbar mencoba memperkenalkan Minangkabau dengan cara yang unik.

“Selama ini Minang dikenal melalui makanannya, tapi kami mencoba memperkenalkan Minang melalui cara lain, yaitu melalui komik,” katanya.

Ia mengatakan, komik-komik Minang yang ada saat ini ada yang menggunakan bahasa Minang dan juga ada yang berbahasa Indonesia.

“Selain bisa dinikmati oleh masyarakat Sumbar, komik Minang juga bisa dinikmati oleh masyarakat luar Sumbar,” kata dia.

Selain itu, Fanky mendorong seluruh kreator agar semangat untuk berkarya karena mulai 2016 peminat komik Minang mulai meningkat.

“Sekalipun apresiasi masyarakat masih kurang dari daerah lain di Indonesia akan tetapi untuk 2016 sudah mengalami peningkatan, jadi para kreator harus tetap semangat berkarya,” katanya.

Kreator komik asal Sumatera Barat, Iggoy El Fitra, mengatakan dengan adanya kartun maupun komik strip berbahasa Minang bisa membuat generasi muda bangga berbahasa Minang.

Ia mengharapkan dengan adanya komik Minang ke depannya bisa melestarikan bahasa Minang dan membuat budaya Minang lebih dikenal masyarakat luas.

“Salah satu tujuan kita adalah agar generasi muda bangga berbahasa Minang dan di Instagram kita juga menggunakan hashtag #Minanganselah agar lebih memasyarakatkan bahasa Minang,” katanya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY