KRL Anjlok di Palmerah, Penumpang Dipindah ke Kereta Lain

Pemindahan penumpang KRL yang anjlok.

@Rayapos | Jakarta – KRL Tanah Abang-Parung anjlok di KM 10 antara stasiun Palmerah dan Kebayoran. Tepatnya di Jalan Tentara Pelajar Jakarta Pusat. Tidak ada korban jiwa.

KRL yang membawa ribuan penumpang itu anjlok, pada Sabtu (13/10), sekitar pukul 10.30 WIB dan berhasil diperbaiki sekitar pukul 13.10 WIB.

Namun, kereta baru meninggalkan lokasi sekitar pukul 13.40 WIB.

Vice President Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa, kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (13/10) mengatakan:

“Proses evakusi telah selesai dilakukan pukul 13.10 WIB. Dua as (poros roda) yang keluar dari jalur rel sudah berhasil diangkat ke posisinya.”

Menurutnya, KRL yang anjlok itu akan dibawa ke Dipo KRL Bukit Duri, Jakarta Selatan. KRL itu akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kemudian diperbaiki.

Baca Juga:

Manado Diguncang Gempa 5,6 SR, Warga Diminta Tenang

Presiden Bank Dunia: Indonesia Negara Kuat, Tangguh, dan Bertekad

Namun hingga saat ini, Eva belum bisa menjelaskan penyebab anjloknya KRL itu. Sebab, masih menunggu hasil investigasi dan pemeriksaan pihaknya.

“Kalau penyebab kita tidak mengetahui ataupun memberikan informasi saat ini ya, karena tentunya karena harus proses investigasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Setelah KRL berhasil dievakuasi, Eva memastikan jalur KRL yang terhambat dapat mulai dilalui kembali sekitar pukul 14.30 WIB.

Akibat anjloknya KRL, perjalanan KRL pada rute Tanah Abang – Serpong/ Parung Panjang/ Maja/ Rangkasbitung dan arah sebaliknya menjadi terganggu.

“Diperkirakan, untuk lintasan mungkin sebentar lagi bisa dilalui oleh KRL,” ujarnya.

KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang anjlok setelah meninggalkan Stasiun Palmerah menuju Stasiun Kebayoran.

Akibat kejadian ini, petugas secara cepat mengambil keputusan untuk mengevakuasi penumpang. Evakuasi dilakukan dengan menunggu KRL yang mengarah ke Tanah Abang melintas.

Penumpang KRL yang anjlok dipindah ke kereta lain.
Penumpang KRL yang anjlok dipindah ke kereta lain.

Pantauan di lokasi, baik petugas dan penumpang saling bahu membahu menjalankan proses evakuasi ini.

Proses evakuasi juga berlangsung cukup cepat sekitar 10 menit. Saat ini, seluruh penumpang sudah dipindahkan ke kereta lain.

Tidak ada korban luka-luka dalam peristiwa ini. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti anjloknya kereta tersebut.

Saat ini, petugas sedang berusaha mengevakuasi kereta agar dapat segera dilewati oleh kereta lainnya. Belum diketahui juga berapa jadwal kereta yang terganggu akibat peristiwa ini. (*)