rayapos.com - Pedrosa waspadai sirkuit Losail Qatar
Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa

@Rayapos | Jakarta – Dani Pedrosa akan pensiun dari MotoGP akhir musim nanti. Pebalap asal Spanyol itu juga telah menyetujui bergabung dengan KTM dan siap bertugas sebagai tes rider pabrikan asal Austria itu.

Dengan pengalamannya, Pedrosa dianggap bisa membantu proses pengembangan motor RC16 terbaru. Tunggangan ini nantinya akan dikendarai oleh Pol Espargaro, Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing), Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira (Tech 3 KTM).

Sayangnya, The Little Spaniac dipastikan belum bisa mengikuti uji coba pascamusim di Valencia, Spanyol pada 20-21 November mendatang. KTM hanya memastikan bahwa Zarco telah mendapat izin dari Monster Yamaha Tech 3 untuk turun lintasan.

“Kami jelas akan menurunkan Johann Zarco pada (uji coba) November. Dani Pedrosa juga akan memberikan beberapa input,” ujar Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner sebagaimana dilansir laman Speedweek, Senin (12/11/2018).

“Jelas para pebalap baru akan memberikan banyak masukan kepada kami, dan test rider baru kami.”

Baca Juga:

Mick Doohan: Marquez Layak Disebut Legenda MotoGP

MU Kalah, Begini Alasan Mourinho

Barcelona Ditumbangkan Betis, Begini Kata Valverde

Namun keputusan KTM dan Pedrosa untuk tak turun dalam uji coba di Valencia ini tentu menimbulkan tanda tanya besar. Leitner pun akhirnya membeberkan alasannya. Menurut dia, Pedrosa mengambil keputusan ini untuk menghormati kontraknya dengan Honda.

Untuk diketahui, rider yang identik dengan nomor motor 26 itu baru akan berakhir pada 31 Desember 2018. Dengan begitu, Pedrosa baru akan diturunkan dalam uji coba pramusim (shakedown) di Sepang, Malaysia pada 1-3 Februari 2019.

“Dani ingin mengakhiri kontraknya (dengan Honda), yang baru akan habis pada akhir tahun. Lagipula ia menjalani uji coba dengan kami pada November tak pernah menjadi isu utama bagi kami,” tukasnya.