Kukuhkan Pramuka, SUPM Gelar Bhkati Sosial di Hila

@Rayapos | Ambon: Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mana bertujuan untuk meningkatkan jati diri para siswa. Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon, Achmad Jais Ely, saat memimpin upacara pengukuhan 163 anggota Pramuka Sapta Bahari, dirangkaikan dengan bakti sosial bersama masyarakat Desa Hila, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), di Hila, Jumat (27/1). ”Jadi program pramuka yang merupakan salah satu program ekstrakurikuler sekolah sangatlah strategis untuk meningkatkan jati diri siswa,” ujarnya.

Dilaksanakannya pengukuhan tersebut, jelasnya, karena pada SUPM Waiheru Ambon terdapat sejumlah anggota Sapta Bahari. Yang berbeda, yakni lokasi pelaksanaan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. ”Kita inginkan ada sesuatu yang berbeda. Dan kali ini terbukti kita laksanakan di Desa Hila. Selain itu, 163 siswa itu juga akan menggelar bakti sosial pada sejumlah tempat sejarah di Desa Hila,” jelasnya.

Menurutnya, dipilihnya Desa Hila karena merupakan salah satu desa yang menyimpan sejarah dan monumen masa lampau. Dimulai dari keberadaan Mesjid Tua, Gereja Tua bahkan salah satu benteng peninggalan di masa penjajahan Belanda pun berada di desa tersebut.

Dalam bhakti sosial ini, tegasnya 163 siswa itu akan membantu masyarakat untuk membersihkan objek peninggalan sejarah itu, sehingga bangunannya terlihat bersih dan indah bila dikunjungi oleh wisatawan. ”Tujuannya satu, agar pihak sekolah bisa bersinergikan seluruh program dengan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Kesiswaan SUPM Waiheru Ambon, Asep Ramlan Tuharea, menambahkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 163 siswa yang terdiri dari siswa kelas IX dan tersebar 4 program studi serta dibantu oleh 25 Pendamping Bantara dan 18 Pembina.

Comments

comments

LEAVE A REPLY