Kupang Ajukan 6.000 Tambahan Penerima Rastra

rayapos.com - distribusi rastra - pola penyaluran
Penerima Rastra. (Foto: rayapos.com)

@Rayapos | Kupang: Pemerintah Kota Kupang mengajukan 6.000 tambahan penerima beras sejahtera (rastra) kepada Kementerian Sosial agar warga miskin yang belum tercatat dapat diakomodir.

“Cacatan yang kami temukan masih ada banyak warga miskin yang dulunya menerima tetapi sekarang tidak lagi. Oleh karena itu kami usulkan perubahan data penerima tersebut kepada menteri,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Felisberto Amaral di Kupang, Selasa.

Dia mengatakan setidaknya ada 6.000 tambahan usulan yang sudah dikirim kepada Menteri Sosial untuk dimasukkan sebagai penerima beras sejahtera.

“Banyak masukan dan data yang kami temui di lapangan ada warga dan rumah tangga yang benar-benar layak dapat namun tidak lagi diberikan, dan data yang kami bisa berikan sebagai data perubahan sebanyak 6.000 itu,” katanya.

Secara akumulatif saat ini tercatat 14.242 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS) yang masuk dalam dua kategori. Ada kategori penerima bantuan program beras sejahtera nasional berjumlah 12.491 RTS dan 1.751 RTS untuk penerima program beras sejahtera daerah.

Anggaran program rastra nasional teralokasi dalam APBD Kota Kupang sebasar Rp3,5 miliar lebih dan untuk program rastra daerah teralokasi Rp2,4 miliar lebih.

“Pemerintah bersyukur karena program kemanusian yang dimiliki Pemerintah Kota Kupang itu didukung penuh oleh DPRD Kota Kupang dalam kebijakan anggarannya,” katanya.

Dia berharap usulan tambahan penerima program beras nasional yang dikirim ke Menteri Sosial mendapatkan persetujuan agar sudah dapat diimplementasikan pada paruh pertama penyaluran di 2017 ini. [ant]

Comments

comments