@Rayapos | Jakarta – Forbes telah mengakuinya. Kylie Jenner menjadi pebisnis muda terkaya di dunia.

Anak bungsu dari klan Kardashian-Jenner itu resmi menyandang status billionaire (miliarder) di usianya yang baru 21 tahun. Total kekayaannya senilai 1 milliar USD atau lebih dari Rp 14 triliun, menurut Forbes.

Pencapaian ini membuat Kylie menggeser posisi bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang mendapat predikat miliarder ketika berusia 23 tahun.

“Aku benar-benar tidak menyangka. Tapi, ini terasa sangat menyenangkan,” ujar Kylie kepada Forbes, Rabu (6/3/2019).

Pada 2018, Kylie Jenner mencatatkan keuntungan melalui bisnis kosmetiknya, Kylie Cosmetics, yang mencapai angka 360 juta US dolar (setara Rp 5 triliun). Sementara keseluruhan nilai brand kosmetiknya yakni 900 juta USD.

Kylie Cosmetics sendiri pertama kali dirilis pada November 2015 dengan tiga jenis Lip Kits seharga $29 yang habis terjual dalam hitungan menit saja.

Kylie juga lihai memanfaatkan ketenarannya di media sosial untuk memasarkan produknya secara online. Ia memiliki 128 juta pengikut di Instagram dan 26,7 juta pengikut di Twitter.

“Ini kekuatan media sosial. Aku memiliki jangkauan yang kuat sebelum aku bisa memulai apa pun,” ujarnya.

Kesuksesan penjualan membuat label kosmetik yang didirikannya diproyeksikan menghasilkan 1 milliar dollar AS atau Rp 14.000 milliar dalam penjualan seumur hidup di tahun 2022.

Kontrak distribusi eksklusif dengan pengecer “Ulta” musim panas lalu berhasil meningkatkan angka penjualan secara signfikan.

Berdasarkan laporan majalah Forbes, “Kylie Cosmetics” menjual produk-produk senilai 54,5 juta dollar AS atau Rp 769 milliar di toko-toko “Ulta”.

Jenner mengatakan dirinya akan bekerja di persuhaan miliknya untuk selamanya. Setelah itu, ia akan mewariskannya kepada putrinya, Stormi, yang saat ini masih berusia satu tahun.

“Orang tuaku selalu mengatakan aku harus mencari uang sendiri. Ini sudah saatnya belajar bagaimana menyimpan dan mengeluarkan uangku sendiri. Hal-hal seperti itu,” tutur Kylie.

Tak hanya dari brand kosmetik, pendapatan Kylie juga diperoleh dari endorsement beberapa produk, termasuk clothing line Kendall dan Kylie.

Ia juga memperoleh uang dari seri buku, program TV “Keeping Up With the Kardashians” dan “Life of Kylie”, serta kemitraan lainnya dengan merek ritel seperti Adidas, Topshop dan Quay Australia.

BAGIKAN