Perserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 saat menjalani upacara dikantor Bupati Gorontalo Utara (Foto: Arfa/Rayapos.com)

@Rayapos.com | Kwandang: Setelah tiba di Gorontalo Utara, para peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 kembali disambut Bupati Indra Yasin dengan upacara yang turut dihadiri Sekertaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Sucitra.

Demi mengejar upacara penyambutan yang berlangsung pada pukul 10.00 WITA ini, saya sebagai pewarta harus rela berangkat dari penginapan sekitar pukul 07.30 WITA. Pasalnya, jarak tempuh yang harus ditempuh memakan waktu satu jam setengah.

Beruntung saya datang tepat waktu beberapa saat sebelum upacara dimulai, terlihat ratusan siswa sudah berada pada barisan yang tertata rapi di lapangan depan kantor Bupati. Mereka menunggu kedatangan para peserta KPN 2017 yang sedang menuju kantor Bupati.

Salah satu kendala dalam meliput kegiatan ini adalah cuaca panas. Biasanya, sebagai pewartal panasnya matahari sudah menjadi hal yang biasa, tetapi cuaca panas di Gorontalo sungguh luar biasa. Rasanya begitu menyengat kulit.

Kendati begitu, cuaca yang terasa menyengat pagi ini tak membuat para siswa dan siswi pelajar Gorontalo patah semangat. Mereka tetap setia menunggu para peserta Kirab dilapangan sambil berteriak “Pemuda maju, Indonesia Jaya, NKRI Harga Mati”. Teriakan itu pun mebuat saya ikut terpacu meliput acara ini.

Tarian penyambutan dari Gorontalo Utara kepada para peserta Kirab Pemuda 2017 dikantor Bupati Gorontalo Utara (Foto: Arfa/Rayapos.com)
Tarian penyambutan dari Gorontalo Utara kepada para peserta Kirab Pemuda 2017 dikantor Bupati Gorontalo Utara (Foto: Arfa/Rayapos.com)

Setibanya para peserta KPN 2017 dikantor Bupati, langsung disambut dengan tarian penyambutan dan upacara. Dimana Bupati Indra Yasin dan perwakilan Kemenpora, Sucitra memberikan pengarahan.

“Gorontalo Utara jadi tempat singgah Kirab Pemuda Nusantara 2017, karena Kemenpora menilai Bupati Gorut memiliki prestasi dari segi infrastruktur serta penyiapan fasilitas yang diperlukan masyarakat daerah,” kata Bupati Golut.

“Pemuda saat ini, nantinya akan membawa masa depan Indonesia kedepan. Untuk itulah Kemenpora menilai generasi muda di Gorut punya kemampuan serta tekad menegakan kedaulatan negara republik Indonesia, dan peserta KPN juga terus mendengungkan nilai-nilai kesatuan,” sambung Sucitra.

Usai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan bendera duta Kirab Pemuda Nusantara 2017 kepada pemuda Gorontalo Utara, serta menandatanganan deklarasi pemuda yang ditandatangani oleh Bupati Gorontalo, Indra Yasin.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menandatangani deklarasi pemuda pada acara Kirab Pemuda Nusantara 2017 (Foto: Arfa18/Rayapos.com)
Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menandatangani deklarasi pemuda pada acara Kirab Pemuda Nusantara 2017 (Foto: Arfa18/Rayapos.com)

Setelah makan siang, dilanjutkan dengan acara Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci yang diikuti oleh 30 pemuda Gorontalo dan peserta Kirab Pemuda Nusantara. Dan dipenghujung acara ditutup dengan perhelatan Festival Band Indie dari pemuda Gorontalo.

Editor: Hadie Ismanto