Lembaga Konsumen AS Desak Samsung Lebih Perhatikan Keamanan Baterai Litium

@Rayapos | Amerika Serikat: Standar keamanan baterai telepon seluler jenis litium-ion memerlukan modernisasi menyusul penarikan besar-besaran oleh Samsung Electronics Co Ltd setelah kerusakan baterai yang mengakibatkan kebakaran, demikian pernyataan lembaga pemerintahan Amerika Serikat, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

“Sejumlah konsumen seharusnya tidak boleh khawatir bahwa perangkat bertenaga baterai itu membuat mereka, anggota keluarga mereka atau properti mereka justru menghadapi risiko,” kata Ketua Komisi Keamanan Produk Konsumsi, Elliot Kaye, dalam salah satu pernyataannya.

Lembaga tersebut mencapai kesepakatan dengan Samsung untuk menarik 2,5 juta unit ponsel tipe Galaxy Note 7 dari pasaran pada awal September lalu.

Pada saat sebagian besar produk yang ditarik itu memiliki tingkat bahaya yang rendah dalam tanggapan konsumen, 97 persen ponsel Samsung Note 7 telah dikembalikan, demikian kata Kaye.

Regulator keselamatan konsumen di AS itu dan Samsung bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk memperbarui standar keamanan bagi baterai litiom-ion di semua jenis telepon pintar, demikian ujar Kaye.

“Minimal, industri perlu belajar dari pengalaman ini dan meningkatkan keselamatan konsumen dengan memberikan perangkat keamanan lebih banyak selama proses perancangan dan produksi untuk memastikan bahwa teknologi yang digerakkan oleh baterai litium-ion memberikan manfaat tanpa ada risiko yang membahayakan,” kata Kaye.

Sebelumnya Samsung Electronics menyatakan baterai lithum-ion menjadi penyebab Galaxy Note 7 terbakar, pada jumpa pers yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan, Senin (23/1).

Sejumlah pakar, dikutip dari laman NY Times, menyatakan desain baterai tersebut juga menjadi faktor pemicu insisen ponsel tersebut terbakar di beberapa negara.

Samsung membuat pembatas antara dua elektroda dalam baterai Note 7 terlalu tipis, berpotensi memercikkan api jika rusak.

Komponen penting tersebut dapat terbakar, bergantung pada ketebalan dan juga tekanan dari luar.[ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY