Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – Berbagai vendor ponsel kini berlomba-lomba membuat smartphone 5G. Terbaru, Lenovo mengklaim akan menjadi produsen pertama di dunia yang merilis ponsel yang mendukung jaringan ini.

Samsung, Huawei dan beberapa vendor lain menyatakan kesiapannya untuk merilis perangkat ini setidaknya tahun depan. Bahkan kini Lenovo sesumbar akan menghadirkan ponsel 5G yang pertama.

Vice President Lenovo, Chang Cheng sesumbar perusahaannya tengah menyiapkan ponsel teranyar yang dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Ponsel inilah yang diklaim bakal jadi perangkat pertama dengan kemampuan jaringan 5G.

Kendati demikian, Cheng tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai perangkat tersebut. Ia pun tak mengungkapkan lebih jauh spesifikasi lain soal ponsel yang tengah dipersiapkan ini.

Sebagaimana dilansir laman Tech Radar, Rabu (1/8/2018), kemungkinan besar ponsel 5G Lenovo ini bakal rilis paling cepat pada akhir 2018 mendatang. Pasalnya, Snapdragon 855 sendiri belum secara resmi diperkenalkan.

Baca Juga:

Marah Besar, Mourinho Akan Rombak Timnya

Rabu Pagi, Lombok Kembali Diguncang Gempa

Sebelumnya, Samsung beberapa waktu lalu menjanjikan peluncuran perangkat ini sekitar awal 2019 mendatang. Huawei pun demikian, bahkan perusahaan ini rela berinvestasi besar-besaran demi menjadi pelopor penggunaan jaringan 5G di dunia.

Berbeda dengan Samsung, Huawei menyatakan kesiapannya untuk merilis ponsel 5G pertama setidaknya pada kuartal ketiga 2019 mendatang. Untuk ketersediaan jaringan, 5G sendiri memulai debutnya di Amerika Serikat.

AT&T dan Verizon menjadi yang pertama mengumumkan dukungannya atas jaringan ponsel 5G. Baik Verizon maupun AT&T berencana merilis jaringan 5G di tiga hingga lima wilayah AS pada tahun ini.

BAGIKAN