Rendang (Foto : Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Indonesia terkenal dengan kuliner yang khas dengan bumbu rempahnya. Salah satunya adalah rendang. Bahkan, makanan khas Padang, Sumatera Barat itu telah dua kali dinobatkan sebagai makanan terlezat dunia versi CNN. Tahun ini, rendang, bertahan menduduki posisi tertinggi dibandingkan dengan 50 masakan di seluruh dunia.

Atas pengakuan dunia itu, Gubernur Sumatera barat semakin PeDe membawa rendang menjadi komoditas ekspor unggulan dari daerahnya. Incaran negara tujuan ekspor utama adalah negara-negara di kawasan Eropa.

“Ide ini muncul karena masukan dari sejumlah mitra di luar negeri yang menginginkan rendang, namun cukup sulit didapat,” katanya, di Padang, Jumat (22/12).

Baca juga : 6 Makanan khas Makassar yang menggoda selera

Ambisi untuk mengespor rendang itu dodorong oleh pertumbuhan ekonomi provinsi itu yang mencapai 5,1 hingga 5,5 persen atau mengalami penguatan setelah melambat sejak 2013.

Menurut dia, saat ini pemerintah provinsi sedang melakukan kajian kuliner rendang yang bertahan hingga 1,5 tahun. Masa kedaluwarsa yang lama memang dibutuhkan untuk menjangkau pasar dunia.

Importir luar negeri, ujar dia sudah menyampaikan minatnya kepada pemprov sehingga ekspor rendang ini menjadi salah satu fokus utama untuk menjangkau pasar luar negeri.

“Saya sudah beberapa kali melakukan penjajakan untuk mendapatkan investor dalam dunia ekspor, salah satunya rendang,” kata dia.

Baca jugaMenu Wajib Hidangan Natal

Ia menyampaikan pamor rendang semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat luar negeri setelah dinobatkan sebagai olahan kuliner terlezat di dunia.

Rendang, lanjutnya mengalahkan sajian kuliner yang terlebih dahulu terkenal seperti sushi dari Jepang dan kimchi Korea. “Rendang makanan terlezat, namun stok di negera lain tidak ada,” ujar dia.

Namun untuk dalam negeri, kata dia, pendistribusian rendang sudah lancar dan gencar dilakukan.

Rendang yang dimasak langsung di restoran maupun pusat oleh-oleh Minang, kata dia kini mulai dilirik oleh wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

“Kemasan rendang saat ini juga sudah mulai bagus sehingga dapat menjadi buah tangan bagi wisatawan,”tambahnya.

BAGIKAN