Libur Imlek, PT KAI Operasikan 52 Perjalanan

Kereta Api di Stasiun Gambir (FOTO: Pegipegi.com)

@Rayapos | Jakarta:  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta telah menyiapkan kapasitas angkut KA hingga 33.560 penumpang per harinya selama periode libur Imlek mulai 27 hingga 30 Januari 2017.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Suprapto dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat (27/1/2017), mengatakan pihaknya telah menyiapkan KA Reguler sebanyak 52 perjalanan dengan daya angkut 29.560 penumpang dan KA tambahan 11 KA dengan daya angkut 4.500 penumpang.

“Jadi total dalam angkutan Imlek 2017 ini, pihak PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 63 perjalanan KA dengan kapasitas total daya angkut 33.560 penumpang setiap harinya,” katanya.

Suprapto mengatakan kota tujuan yang menjadi favorit pada angkutan Imlek dari Jakarta dengan kereta api, di antaranya Bandung, Jogya, Surabaya dan Cirebon.

Sementara itu, 11 KA tambahan terdiri dari sembilan KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, dan dua KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasarsenen.

KA-KA tersebut akan dioperasikan mulai 27 30 Januari 2017 dengan kota tujuan antara lain; Malang, Yogyakarta (satu KA), Solo (dua KA) Surabaya (tiga KA), dan Bandung (empat KA).

“Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni 27 30 Januari. Berdasarkan data penjualan tiket sampai pukul 18.00, KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan,” katanya.

Suprapto mengataman KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100 persen untuk keberangkatan Jumat (27/1) yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, Argo Lawu dan Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sedangkan untuk KA keberangkatan hari Sabtu (28/1) KA jarak jauh seperti Argo Dwipangga jurusan Solo, Argo Muria jurusan Semarang Tawang, dan Taksaka pagi jurusan Yogyakarta, serta KA jarak pendek seperti KA Argo Parahyangan keberangkatan pukul 05.00 WIB, 08.30 WIB dan 10.15 WIB jurusan Bandung, juga sudah habis terjual dan mencapai okupansi 100 persen.

Adapun, untuk KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Tegal Bahari jurusan Tegal dan KA Purwojaya jurusan Cilacap masih tersedia, itupun tersisa rata-rata 20 persen saja.

Ia mengatakan untuk KA keberangkatan Stasiun Pasarsenen, untuk KA Keberangkatan hari Jumat (27/1) semua KA sudah mencapai 100 persen.

Sedangkan KA untuk keberangkatan hari Sabtu (28/1) untuk KA Fajar Yogya dan KA Gajahwong jurusan Yogyakarta, KA Sawunggalih Pagi dan KA Kutojaya jurusan Kutoarjo, KA Matarmaja, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Bengawan, KA Serayu Pagi dan KA Tegal Ekspres sudah habis terjual.

Comments

comments