@Rayapos | Jakarta – Liverpool secara dramatis lolos ke perempat final Liga Champions. Kepastian itu diperoleh setelah berhasil menaklukan Bayern Muenchen di leg kedua babak 16 besar, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB.

Bermain di markas Muenchen, Stadion Allianz Arena, Liverpool menang dengan skor 3-1 atas Bayern. Rentetan gol kemenangan The Reds masing-masing disumbangkan Sadio Mane dengan dua golnya, dan satu gol dari Virgil van Dijk.

Hasil tersebut sekaligus menjadikan The Reds klub Inggris keempat yang melangkah ke babak delapan besar, menyusul Manchester United, Manchester City dan Tottenham Hotspur. Adapun kekalahan Bayern membuat tidak ada satupun klub Jerman yang bertahan.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menegaskan bahwa kemenangan atas Bayern Muenchen membuktikan kualitas the Reds di kancah sepakbola internasional. Ia menyebut kemenangan itu sebuah tanda yang fantastis.

“Kami semua berpikir bahwa klub ini berada di tempat yang semestinya dan malam ini kami sedikit membuktkan itu,” ujar Klopp, sebagaimana dilansir laman Sky Sports.

Baca Juga:

Liga Champions: Messi Moncer, Barcelona ke Perempat Final

Liga Champions: Hattrick Ronaldo Bawa Juventus ke Perempat Final

Gilas Schalke, Manchester City Melaju ke Perempat Final

“Kami telah menandai Liverpool FC dengan klub yang luar biasa ini bahwa kami benar-benar kembali ke lanskap tertinggi sepakbola internasional.”

Pelatih asal Jerman itu mengungkapkan, mampu mencetak tiga gol di Allianz Arena bukan perkara mudah. Hal itu dinilai sebagai langkah besar Liverpool. Tak hanya memainkan sepakbola terbaik, melawan Muenchen tidak bisa hanya mengandalkan kecepatan.

“Itu bukan keuntungan yang besar. Anda harus bisa menemukan jalan yang berbeda dan malam ini kami menemukannya,” tukasnya.

Susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): Alison (kiper), Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, Fabinho (Henderson), Wijnaldum, Milner (Lallana), Firmino (Origi), Mane, Salah

Muenchen (4-2-3-1): Nuer (kiper), Hummels, Sule, Alaba, Rafinha, Rodriguez (Sanches), Thiago, Martinez (Goretzka), Lewandowski, Ribery (Coman), Gnabry.