@Rayapos | Jakarta – Kehadiran Video Assistant Referee (VAR) dalam sepakbola ternyata sangat bermanfaat. Setelah Serie A Italia dan Bundesliga Jerman menggunakan teknologi ini pada musim lalu, Premier League Inggris dikabarkan akan memakai VAR musim depan.

VAR mulai menarik perhatian penggemar sepak bola dari seluruh dunia saat FIFA memutuskan untuk memakainya pada ajang Piala Dunia 2018. Dengan begitu, klub-klub Inggris menyadari pentingnya teknologi pembantu tersebut.

Sejatinya, penggunaan VAR di Inggris sudah mulai digunakan musim ini. Meski tak digunakan Premier League, VAR telah dipakai untuk dua kompetisi domestik lainnya, yakni FA Cup dan Carabao Cup.

Baca Juga:

UEFA Nations League: Kroasia Bungkam Spanyol 3-2

Chelsea Terancam Sanksi FIFA, Kenapa?

FA Hukum Wasit Gegara Tak Bawa Koin Tos

Pihak federasi sepak bola Inggris, FA pun nampaknya sudah bisa menerima kehadiran VAR. Keputusan penggunaan VAR di Premier League sudah mendapatkan persetujuan ketika digelar rapat pemilik saham pada hari Kamis (15/11/2018) waktu setempat, .

“Klub Premier League sudah sepakat untuk menghadirkan Video Assistant Referees (VAR) di kompetisi musim 2019/2020,” ungkap pernyataan otoritas kompetisi Premier League, sebagaimana dilansir laman resmi liga, Jumat (16/11/2018).

Sebenarnya, wacana soal pengadaan VAR sudah pernah diangkat pada bulan April 2018 lalu. Hanya saja, beberapa klub masih belum sepakat untuk menggunakan teknologi pembantu wasit itu.

BAGIKAN