Pangeran Charles dan Putri Diana (dailyrecord)

@Rayapos | Jakarta – Perceraian antara Putri Diana dan Pangeran Charles menjadi salah satu hal yang paling banyak dibicarakan dalam sejarah. Dan bukan rahasia lagi jika sang putri, yang meninggal tepat setahun setelah berpisah dari suaminya, sama sekali tak bahagia dengan pernikahannya.

Berbagai masalah menjadi penyebab perpecahan rumah tangga calon raja dan ratu Inggris itu. Mulai dari pernikahan yang hampir dibatalkan Diana, tepatnya tiga minggu sebelum digelar, perselingkuhan, hingga cinta sandiwara akibat perjodohan.

Pangeran Charles dan Putri Diana di hari pernikahan
Pangeran Charles dan Putri Diana di hari pernikahan

Pun demikian, hubungan Diana dan Charles sempat membaik saat mereka menantikan kelahiran anak kedua, Pangeran Harry. Sebelum sebuah momen menyakitkan menjadi ujung tombak Diana menyadari bahwa pernikahannya benar-benar sudah berakhir.

Menurut buku Andrew Morton bertajuk ‘Diana: Her True Story’, Pangeran Charles kerap membuat Putri Diana sakit hati dengan perkataannya. Bahkan ketika Pangeran Harry lahir ke dunia.

“Ya Tuhan. Anak laki-laki lagi,” ujar Pangeran Charles terhadap Putri Diana yang baru saja melalui proses persalinan.

Baca juga:Ternyata Putri Diana Tak Pernah Menginginkan Terjadinya Perceraian

Pada saat itu, Charles bersikeras bahwa apa yang dikatakannya adalah lelucon, tetapi tentu saja, Diana terluka oleh komentar tersebut. Apalagi Charles juga mengeluh kepada ibu Putri Diana soal jenis kelamin anak keduanya.

“Aku sangat kecewa. Kupikir bayi yang dilahirkan adalah perempuan,” ungkap Charles yang rupany mengharapkan anak perempuan.

Putri Diana dan Pangeran Harry
Putri Diana dan Pangeran Harry

Selain itu, Pangeran Charles juga disebut kecewa karena putra keduanya memiliki warna rambut merah, keturunan dari keluarga Diana. Ucapan-ucapan tersebut membuat Putri Diana semakin meradang, dan membuatnya memutuskan mengakhiri pernikahan dengan Charles.

Pangeran Charles dan Putri Diana menikah pada 29 Juli 1981 di St Paul Cathedral, London. Pernikahan keduanya disaksikan oleh seluruh masyarakat dunia. Keduanya resmi bercerai di tahun 1996.