Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik angkat bicara terkait permintaan anggaran hibah Pemkot Bekasi sebesar Rp2 triliun. Menurutnya setiap pengajuan anggran harus disertai kajian.

“Minta Rp 2 triliun itu. Itukan mesti ada pengkajiannya Rp 2 triliun itu buat apa.
Inikan kita DPRD belum terima,” kata Taufik di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (2/20/2018).

Baca juga:

Titi Qadarsih Hembuskan Nafas Terakhir di Usia 73 Tahun

Bupati Bantul Dukung Jokowi, Ini Respon Gerindra

Pimpinan Badan Anggaran ini juga menjelaskan, saat ini pihaknya belum menerima kajian dan pengusulan pemberoan hibah kepada kota mitra. Apalagi dalam anggaran hibah ini menurutnya harus masuk juga ke dalam APBD.

“Itukan mesti masuk di APBD. Kalau APBD-nya enggak ada bagaimana,” katanya.

Taufik pun menyayangkan sikap Pemkot Bekasi yang melakukan pencegatan truck sampah milik Pemprov DKI Jakarta. Baginya hal itu tidak elok dilakukan.

Terlebih untuk uang kompensasi bau sesuai perjanjian sudah dibayarkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Jadi hibah tahunan sudah. Saya kebetulan Badan Anggaran. Memang sudah dianggarkan tahun 2018 juga sudah dianggarkan. Kata Gubernur itu terealisasi ya,” ujarnya.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini menyarankan Pemkot Bekasi harus menyelesaikan kajian dahulu yang menjadi mekanisme dalam pengajuan anggaran.

“Terus massa tiba-tiba minta tambahan 2 Triliun. Inikan bukan uang maknya, uang rakyat.Jadi harus ada kajian dulu dong,” pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan lmembeberkan jika Pemerintah Kota Bekasi meminta tambahan sumbangan Rp2 triliun di luar kesepakatan yang ada seerti uang kompensasi bau yang merupakan kewajiban tahunan Pemprov DKI Jakarta.

Kata Anies pengajuan uang Rp2 triliun itu bukan untuk urusanpersampahan, karena diakuinya persampahan sudah diselesaikan oleh pihaknya.

“Ini bukan masalah persampahan. Ini masalah APBD kota Bekasi yang sebagian tanggung jawabnya ke Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies