Mahasiswa PENS Ciptakan Alat Anti Ngantuk untuk Biker

@Rayapos | Surabaya – Untuk mengurangi angka kecelekaan pengendara motor, tiga mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merancang alat yang dapat memberi peringatan bagi para biker yang mengantuk.

Ketiga mahasiswa itu diantranya Elviana Arisaputri, Dliyauddin’ I dan Kevin Natanael. Dikatakan Elviana bahwa alat ini dinamakan Sleep Control for Biker (SCB).

“Alasan diciptakannya alat ini karena banyak pengendara sepeda motor yang kecelakaan karena ngantuk di jalan. Kami membuat alat ini untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut,” ungkap Elviana di Surabaya, Rabu (17/1).

Baca Juga : WhatsApp Siapkan Fitur untuk Mendeteksi Pesan Spam

Alat SCB, kata dia, akan memberi peringatan kepada pengguna sepeda motor ketika berada dalam keadaan ngantuk. Nantinya ketika mengantuk, akan mucul pemberitahuan di gelang dan helm.

“Ada dua device di gelang dan di helm. Di gelang terdiri dari sensor denyut nadi dan notifikasi. Sedangkan device yang ada di helm nantinya akan menampilkan suara melalui headset bluetooth,” jelasnya.

Namun alat anti ngantuk ini masih dalam bentuk prototipe, jadi komponennya masih memakai modul. Namun jika SCB nantinya akan dikembangkan, tentunya mereka bakal membuat sendiri komponennya.

“Kami tinggal memprogram dan menghubungkan komunikasi datanya melalui desain for denyut nadi. Kami pakai sensor yang lebih akurat di pergelangan tangan,” tukasnya.

Baca Juga : Jokowi Lantik Tiga Menteri Baru Kabinet Kerja

Comments

comments

BAGIKAN