Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – Ikan memiliki kandungan protein dan lemak sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan lemak yang terkandung lebih baik jika dibandingkan daging merah dan lemak hewani lainnya.

Namun selain menjadi panganan yang sehat bagi tubuh kita, taukah kamu jika mengonsumsi ikan secara rutin bisa berefek luar biasa. Menariknya, makan ikan ternyata dapat memperpanjang usia.

Sebagaimana dilansir laman TIME, Senin (29/10/2018), sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa kandungan lemak sehat dalam ikan berupa asam lemak omega-3 (lemak tak jenuh ganda).

Selain dari ikan, kandungan lemak sehat ini juga bisa ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau dan sayuran dan minyak biji rami. Bahan pangan ini diyakini mampu mencegah penuaan dini.

Akan tetapi, penulis laporan studi Heidi Lai juga menyebut asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam makanan laut atau ikan-ikan laut memiliki efek paling kuat.

Baca Juga:

Lihat Foto Makanan Ternyata Bisa Bikin Gemuk, Masak Sih?

Awas, Banyak Penyakit Incar Pekerja Kantoran

Cara Mandi Ternyata Dapat Gambarkan Kepribadian Seseorang, Lho!

Peneliti U.S. Cardiovascular Health Study melakukan eksperimen terhadap 2.600 orang dewasa usia lanjut dengan mengambil sampel darah setelah konsumsi asam lemak omega-3 dari ikan laut selama enam tahun dan tujuh tahun setelahnya.

Menurut laporan, diperoleh hasil yang mencengangkan dimana orang yang mengonsumsi lebih banyak ikan setiap harinya mampu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dan terbukti lebih sehat dan panjang umur.

Terlepas dari bisa memperpanjang usia, sejumlah manfaat juga bisa didapat jika mengonsumsi ikan diantaranya melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan, mencegah penyakit asma pada anak dan menurunkan risiko diabetes tipe 1.

BAGIKAN