Manado Luncurkan Aplikasi Cerdas Pakar Report LPSE

Kadis Kominfo Pemkot Manado, Erwin Kontu saat pantau aplikasi Qlue (Foto:Rayapos.com/EDWIN HUWAE)

@Rayapos | Manado: Pemerintah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara melalui bagian administrasi pembangunan, meluncurkan aplikasi cerdas pakar report, untuk layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

“Aplikasi tersebut kami luncurkan untuk memudahkan pihak ketiga yang akan mengikuti pengadaan barang dan jasa di Manado,” kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Manado, Stery Akay di Manado, Rabu (1/2).

Akay mengatakan, secara rinci, aplikasi tersebut bermanfaat untuk mendapatkan data monitoring dan evaluasi lelang PBJP melalui LPSE Manado, yang selalu dibaharui, setiap tahun untuk setiap kategori lelang persumber dana termasuk mengetahui efisiensi penyedia barang/jasa.

Dari aplikasi ini, kata Akay, diketahui kalau di Pemkot Manado ada 4.188 pihak ketiga yang merupakan vendro atau penyedia barang dan jasa yang selalui ikut dalam pelelangan.

“Lewat aplikasi ini pula, kami bisa melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp433 juta, dari dua paket lelang yang dilaksanakan pada awal tahun 2017,” kata Akay.

Dia pun menambahkan, aplikasi ini dapat diakses masyarakat sekaligus membantu pengelola LPSE dalam memonitoring pendafataran dan pencarian informasi penyedia, membantu layanan pengguna dan menciptakan bantuan database.

Layanan tersebut kata Akay, diluncurkan akhir Januari 2017 ini, sebagai salah satu bentuk transparansi dan memudahkan pihak ketiga untuk memajukan Manado dalam bidang layanan ini.

Dia menambahkan, layanan tersebut juga merupakan salah satu hasil baik dari program SIPS CIDA KPK yang dilaksanakan di Manado beberapa tahun lalu dimana bagian administrasi pembangunan diikutsertakan.

“Hasilnya adalah layanan ini, dan kami buat bekerja sama dengan LPSE Jawa Barat sebagai perbandingan dan diharapkan akan membuat Manado makin maju kedepannya,” katanya.

Comments

comments