Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh

Ilustrasi kayu manis (Foto: ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berasal dari cabang-cabang pohon liar yang termasuk dalam genus “Cinnamomum”.

Kayu Manis telah dikonsumsi sejak tahun 2000 SM di Mesir Kuno, di mana rempah ini sangat berharga (hampir dianggap obat mujarab). Pada abad pertengahan, dokter menggunakan kayu manis untuk mengobati kondisi seperti batuk, radang sendi, dan sakit tenggorokan.

Kayu manis di Indonesia biasanya digunakan untuk penyedap masakan seperti misalnya masakan semur daging.  Rempah ini memang sangat unik karena memanfaatkan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut.

Pohon kayu manis banyak terdapat di wilayah Indonesia tepatnya di pulau Sumatera. Rempah-rempahan selain sebagai bumbu masakan juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

Berikut ini ada beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan:

  1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat batang kayu manis untuk mengontrol kadar gula darah. Meminum air seduhan kulit batang tanaman ini dipercaya mampu menurunkan gula darah karena sifatnya yang mampu menghambat alfa-glukosidase. Adapun senyawa yang mampu menghambat alfa-glukosidase tersebut adalah kafeat dan sinamat.

  1. Mengurangi sakit pada penderita rematik

Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan penyakit kanker.

  1. Menyehatkan jantung

Kayu manis juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung yaitu dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Tidak hanya itu, sifat anti inflamasi pada tanaman ini juga sangat efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembuluh darah jantung.

  1. Menyuburkan kandungan

Kulit batang kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde, yaitu senyawa yang mampu meningkatkan progesteron dan menurunkan testoteron. Sifat semacam ini akan menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga wanita menjadi lebih subur.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kulit batang kayu manis dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Kemampuan kayu manis untuk meluruhkan lemak juga semakin mempercepat fungsinya sebagai penurun kadar kolesterol.

Comments

comments