Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Lemon (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Lemon yang memiliki nama latin citrus lemon, adalah salah satu jenis lemon yang berwarna kuning cerah dan biasanya rasanya sangat asam. Lemon terkenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi yang membantu dalam proses kekebalan tubuh.

Buah yang kaya akan kalium ini diperlukan untuk berpikir jernih dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Jika Anda ingin berkumur untuk menghilangkan bakteri jahat, ambil setengah gelas air panas dan peras air lemon. Gunakan itu untuk berkumur.

Berikut adalah sebagian manfaat dari kulit lemon.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kulit lemon mengandung kalium yang membantu mempertahankan tekanan darah. Kandungan Polifenol flavonoid membantu menurunkan kolesterol LDL, yang merupakan kolesterol jahat.

2. Mengandung Berbagai Vitamin dan Kalsium

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kulit lemon juga memiliki kandungan vitamin A, E, C, B6, riboflavin, fosfor, zat besi, kalsium, folat, kalium dan magnesium.

3. Mencegah Kanker

Kulit lemon mengandung komponen bernama salvestrol Q40 dan limonene. Komponen itu melawan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam kulit lemon juga efektif membatasi perkembangan sel kanker. Itu sebabnya, kulit lemon dikenal sebagai pencegah perkembangan sel kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker kulit.

4. Mencegah Obesitas

Kulit lemon mengandung zat pectin yang berfungsi sebagai pengendali berat badan. Dengan mengkonsumsi kulit lemon, berat badan anda dapat dikendalikan agar tidak menjadi obesitas. Obesitas harus dihindari karena selain menganggu penampilan namun juga tidak baik bagi kesehatan yang bisa beresiko terkena berbagai jenis penyakit seperti diabetes, stroke, jantung dan tekanan darah tinggi.

Sebagian studi mengatakan mengonsumsi lemon beserta kulitnya bisa memberi nutrisi dua kali lebih banyak ketimbang hanya mengonsumsi air lemon.

5. Manfaat Kecantikan

Kulit lemon ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit, diantaranya untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, membantu menghindari kerutan, dan bisa juga digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

 

6. Sebagai Konsumsi Sehari-Hari

Salah satu cara terbaik mengonsumsi lemon dengan kulitnya adalah dengan membekukannya. Setelah beku, kulitnya bisa dimasukkan ke dalam sup, salad atau saus pasta. Bisa juga dimasukkan ke dalam jus, teh, smoothies atau dikreasikan dalam berbagai macam resep lainnya.

Comments

comments