Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Dahsyatnya manfaat madu itu bahkan sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Madu murni memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Di dalam saluran pencernaan manusia, terdapat bakteri-bakteri baik yang bersifat menguntungkan. Di antaranya adalah Bifidobakteria dan Lactobacilli yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan manusia.

Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik alami seperti madu, ternyata dapat meningkatkan populasi bakteri ini sehingga dapat memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan.

Selain itu, madu juga memiliki efek memperlambat pengosongan lambung Anda. Hal ini membuat madu sering kali digunakan untuk terapi pengobatan dan pencegahan pada penyakit maag atau asam lambung.

Baca Juga:

Penderita Maag Tidak Boleh Tidur Telentang? Ini Alasannya…

Bahaya Sakit Maag Jika Disepelekan Bisa Fatal, Ini Penjelasannya

Menurut peneliti dari Colombia University, minum madu yang dicampur air hangat akan memberikan manfaat yang baik bagi para penderita gangguan asam lambung. Peneliti menilai, madu bisa membantu refleks asam yang menyebabkan mulas dan membantu menenangkan iritasi di kerongkongan.

“Viskositas madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu sebagian besar mengandung gula alami yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, terutama sebagai antibakteri,” kata peneliti.

Dibanding susu, madu adalah cara efektif menenangkan lapisan lambung yang luka. Plus, karena memiliki sifat anti bakteri, madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari berbagai kuman berbahaya.