Manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan tubuh

@Rayapos.com | Jakarta: Kita semua tahu bahwa minum air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Mungkin kita sudah seringkali mendengar anjuran yang mengatakan bahwa, kita harus minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter perhari supaya sehat.

Namun tahukah anda bahwa minum air putih hangat atau panas punya keuntungan tambahan yang tidak bisa kamu dapatkan dibandingkan jika kamu minum air putih dingin.

Air hangat memiliki banyak manfaat yang tidak diketahui oleh banyak orang.  Manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan sangat banyak sekali. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan.

Berikut ini ada beberapa manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh:

  1. Bermanfaat sebagai detoks alami bagi tubuh

Minum air hangat dapat bermanfaat sebagai detoks alami, yaitu untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun banyak berada di usus karena usus merupakan organ pencernaan yang dilalui oleh makanan yang telah dicerna. Dimana racun tubuh banyak muncul dari makanan yang dikonsumsi, terutama makanan yang tidak sehat seperti yang tinggi lemak, kolesterol, pengawet, pewarna, pemanis buatan, dan makanan berminyak.

  1. Bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah

Konsumsi air hangat mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal itu dapat terjadi karena air hangat bisa melebarkan pembuluh darah . Dengan pembuluh darah yang cukup lebar, memberikan manfaat agar darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

  1. Membantu melegakan rasa gatal di tenggorokan

Ketika mengalami batuk maka kita merasakan bahwa tenggorokan terasa gatal sehingga membuat kita terus batuk berkali-kali. Terjadinya rasa gatal pada tenggorokan karena adanya virus. Dengan minum segelas air hangat sangat bermanfaat untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Yang nantinya bekerja untuk melawan virus batuk di dalam tenggorokan.

  1. Membantu meringankan nyeri perut saat menstruasi

Bagi wanita saat menstruasi, bisa menimbulkan kram atau nyeri perut. Saat menstruasi, tidak boleh minum air es karena bisa membuat darah kotor (akibat menstruasi) tidak bisa terlepas dengan sempurna dari dinding rahim. Dengan begitu disarankan minum air hangat yang akan membuat darah kotor terlepas dari dinding rahim. Semakin mudah rahim untuk melepaskan darah kotor, sangat bermanfaat agar nyeri yang dirasakan menjadi hilang.

  1. Bermanfaat untuk membuang lemak dalam tubuh

Air panas atau hangat yang kita minum ternyata juga berperan dalam proses pembuangan lemak berlebih dari dalam tubuh, untuk nantinya dikeluarkan melalu BAB, air seni dan keringat. Sehingga lemak yang berlebih tidak akan menumpuk di usus ataupun di dalam tubuh secara umum.

  1. Membantu meredakan sakit gigi

Sakit gigi bisa diredakan menggunakan air hangat. Hal itu dikarenakan air hangat juga berfungsi sebagai antibiotik. Nyeri saat sakit gigi pun bisa diredakan menggunakan air hangat. Caranya adalah minum air hangat di saat sakit gigi kita kambuh, setelah itu juga sering berkumur menggunakan air hangat.

  1. Membantu menyembuhkan sembelit

Sembelit terjadi biasanya karena kurangnya minum air, dimana tubuh kurang cairan mengakibatkan menurunnya kemampuan gerakan usus. Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari bermanfaat untuk memaksimalkan gerakan usus dalam proses pencernaan makanan, yang bermanfaat juga untuk mengatasi permasalahan sembelit. Air panas atau hangat juga berperan penting dalam proses memecah partikel makanan untuk melewati usus.

Comments

comments