Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan tubuh

@Rayapos.com | Jakarta: Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi.

Teh hijau bisa juga disebut sebagai minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Untuk menghindari proses oksidasi, teh diproses dalam waktu tidak lebih dari dua hari setelah dipetik.

Teh hijau dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Bahkan, teh hijau juga dianggap memiliki efek lebih positif dari teh hitam, belum lagi rasa yang dianggap lebih lezat. Selain itu, teh hijau mengandung jumlah kafein yang amat kecil, sehingga relatif aman meskipun dikonsumsi dalam jumlah besar.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari teh hijau:

  1. Menurunkan berat badan

Teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sangat cocok untuk yang ingin diet. Teh hijau terbukti dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga secara otomatis jumlah lemak pada tubuh akan berkurang. Selain itu pada teh hijau juga terdapat ketekin polifenol yang menyebabkan intensitas pembakaran lemak.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya minum teh hijau, karena teh hijau membantu menurunkan kadar kolesterol dengan rasio kolesterol jahat lebih banyak diturunkan dan menjaga kadar kolesterol baik yang biasa disebut dalam dunia medis sebagai HDL Cholesterol (High Density Lipoprotein Cholesterol).

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan dikenal sebagai flavonoid ditemukan dalam teh hijau. Flavonoid bekerjasama dengan polifenol dalam hal meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh lebih kuat dalam memerangi infeksi bakteri atau penyakit virus.

  1. Mencegah kerusakan gigi

Teh hijau membantu membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan banyak penyakit pada gigi, seperti misalnya gigi berlubang.  Selain itu juga bermanfaat untuk mengatasi penyebab bau mulut.

  1. Meringankan gejala asma

Bagi orang yang memiliki masalah asma yang berat, teh hijau ini sangat berguna karena mengandung teofilin, yang diklaim dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial, sehingga mengurangi keparahan asma. Sebagaimana disebutkan di atas, teh hijau juga mengurangi kepekaan terhadap alergi, sehingga menjaga reaksi asma terhadap setiap alergi.

  1. Mencegah osteoporosis

Kepadatan tulang yang rendah adalah masalah umum wanita, terutama setelah menopause. Osteoporosis menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, dan menyebabkan peningkatan risiko fraktur. Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau akan membantu menjaga tulang yang kuat dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis.

  1. Mengobati keracunan makanan

Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri berbahaya dalam makanan. Dari hasil penelitian tentang teh hijau, telah menemukan sebuah senyawa katekin yang membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh karena makanan yang tidak sehat dengan kata lain membasmi racun yang menyebabkan keracunan makanan.

Comments

comments