Manfaat teh celup bekas untuk kesehatan kulit dan kecantikan

@Rayapos.com | Jakarta: Teh adalah minuman yang begitu banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat Indonesia, baik dari kalangan atas ataupun kalangan bawah. Hidangan teh memang telah masuk pada pertalian masyarakat dan rasanya pun selalu nikmat kalau diminum dalam keadaan panas, hangat, ataupun dingin.

Minuman ini biasanya dinikmati pada pagi dan sore hari. Selain rasanya yang nikmat, teh memiliki beberapa kandungan nutrisi yang cukup berguna bagi tubuh kita, seperti polifenol, vitamin A, C dan E. Kandungan nutrisi ini berguna untuk menangkal radikal bebas, memberikan kekebalan dari berbagai macam penyakit, dan menjaga kesehatan kulit.

Apabila sehabis menikmati teh sebaiknya bekasnya jangan dibuang, karena masih bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari teh celup bekas :

  1. Bermanfaat untuk mengatasi kantung mata

Jika mata kita terasa lelah dan berkantung akibat kegiatan harian yang padat maupun kurang tidur, kantung teh dapat menjadi solusi. Caranya, celupkan kantung teh yang sudah terpakai ke dalam air es hingga menjadi cukup dingin. Kompreskan pada area sekitar mata dan diamkan beberapa menit. Mata kita akan menjadi lebih segar dan dengan melakukan hal ini secara rutin, niscaya kantung mata anda akan hilang.

  1.  Membuat rambut berkilau

Kantung teh celup bekas itu juga bermanfaat untuk membuat rambut agar tetap berkilau. Celupkan kantung teh celup yang sudah terpakai ke dalam air bilasan rambut kita agar rambut terlihat semakin berkilau dan halus. Kantung teh celup bekas juga bisa membantu mengatasi kerontokan rambut.

  1. Menghilangkan bekas gigitan nyamuk

Kantung teh yang berisi ampas teh ini mengandung zat serupa antihistamin yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kemerahan akibat gigitan nyamuk. Bila kita merasakan gatal akibat gigitan nyamuk atau terdapat bekas kemerahan di kulit, usapkanlah kantung teh tersebut di kulit. Usahakan kantung teh masih dalam keadaan hangat.

  1. Menghilangkan bau pada kaki

Untuk mengatasi bau pada kaki, kamu bisa mengeluarkan ampas teh celup lalu campur dengan air dingin dan rendam kaki kamu selama beberapa saat. Kandungan tanin di dalam teh akan segera membunuh bakteri yang menyebabkan bau pada kaki sekaligus menutup pori pori pada kaki. Lakukan cara ini setiap hari selama seminggu dan niscaya bau kaki bisa lenyap.

  1. Mencegah kulit berminyak

Untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, kamu juga bisa memanfaatkan bekas teh celup ini dengan cara mengompres wajah dengan teh celup atau membuka kantung teh celup dan menggunakan ampas teh sebagai scurb wajah. Usapkan ampas secara lembut di area wajah dan diamkan beberapa saat baru dibilas sampai bersih.

  1. Menghilangkan bau ketiak

Semua orang tentunya tidak nyaman saat ketiak mereka mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, caranya cukup mudah yakni dengan menggosok bekas teh celup basah ke area ketiak dan lakukan selama beberapa menit setiap hari dengan teratur saat mandi.

Comments

comments