Mantan Kepala LIPI Prof. Umar Anggara Jenie Tutup Usia

Prof. Dr. Umar Anggara Jennie, MSc. Apt.- Mantan Kepala LIPI periode 2002-2010 (FOTO: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) periode 2002-2010 Prof Dr Umar Anggara Jenie MSc Apt meninggal dunia hari ini, Kamis (26/1/2017) pukul 04.00 pagi di Yogyakarta. Jenazah almarhum  Prof Dr Umar Anggara Jenie MSc Apt disemayamkan di rumah duka di Jl Waringin I No 8, Condongcatur, Depok, Sleman.

Prof  Dr Umar Anggara Jenie yang juga guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), dikabarkan meninggal sesaat setelah menjalankan Shalat Subuh.

Putra kelahiran Solo ini dikenal sesama karibnya sangat njawani. Seperti yang disampaikan Peneliti Senior LIPI, Prof Indria Samego dalam akun pribadi Facebook-nya soal almarhum. “Kematian adalah misteri. Rasanya belum lama kami berbincang di halaman Episentrum walk, Kuningan. Secara berbisik, seperti biasa, almarhum menyampaikan perbedaan pendapat dengan saya dalam soal Gubernur Ahok. Meski tidak sependapat, tapi gaya penyampaiannya sangat lembut, seperti priyayi Solo dan dosen Ngayogyakartohadiningrat,” kata dia.

Karakter almarhum menurut Indria Samego, tidak meledak-ledak seperti sahabatnya yang lain bila menyampaikan perbedaan pendapat. Ini membuatnya merasa gayeng atau menyenangkan dan berkepribadian sangat santun serta nguwongke (memanusiakan) yang lain ketika masih hidup.

“Rupanya itu menjadi  pertemuan terakhir dengan almarhum. Selamat jalan Prof Umar Anggoro Yeni. Pengabdian anda kepada masyarakat, bangsa, agama dan Iptek akan diterima Allah Yang Maha Adil,” ujarnya.

Rencananya, jenazah penerima Bintang Jasa Utama oleh Presiden Indonesia ini akan disemayamkan di rumah duka Jalan Waringin 1 No C-8 Condong Catur, Sleman pukul 12.40 WIB. Dan sebelum dimakamkan di Makam Sewu, Bantul, jenazah akan dibawa ke Balairung UGM untuk diberangkatkan ke peristirahatan terakhir pukul 13.30 WIB.

Dari rumah duka, sehabis salat zuhur, jenazah akan diberangkatkan menuju Balairung UGM untuk upacara penghormatan terakhir. Selanjutnya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Makam Sewu, Desa Wuijirejo, Pandak, Bantul.

Umnar lahir di Solo 22  Agustus 1950. Jenjang pendidikan S1 ia selesaikan di Fakultas Farmasi UGM tahun 1975; S2 di University of New South Wales, Australia, 1982; dan S3 di University of New South Wales, 1988. Selain mengajar di almamaternya, Umar menjabat Kepala LIPI pada 2002, Komisi Nasional Bio Etik pada 2002, Dewan Riset Nasional pada 2009, dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia/AIPI pada 2009.

Comments

comments