@Rayapos | Jakarta – CONMEBOL selaku Badan sepak bola Amerika Selatan mengumumkan bahwa pertandingan leg kedua final Copa Libertadores 2018 akan berlangsung di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Madrid dipilih setelah sempat ada beberapa venue yang menjadi alternatif, mulai dari Qatar, Paris hingga Genoa, di mana Wali Kota Genoa bersedia menggelar laga bertajuk Superclasico tersebut.

Rencananya, laga yang mempertemukan River Plate dan Boca Juniors akan digelar pada Minggu (10/12/2018) dini hari WIB. Keputusan pemindahan venue leg kedua final ini disampaikan langsung oleh Presiden Conmebol, Alejandro Dominguez.

“Bagi kita yang mengerti Laga Indah, tahu bahwa ini hanyalah masalah menang atau kalah, bukan membunuh dari mati,” ujar Dominguez, sebagaimana dilansir laman Clarin, Jumat (30/11/2018).

Baca Juga:

Liga Europa: Chelsea Bungkam PAOK Thessaloniki 4-0

Tak Betah di Madrid, Juventus dan ManCity Siap Tampung Isco

PSSI Bidik Pelatih Persija Jakarta untuk Tangani Timnas

“Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Presiden FIFA Gianni Infantino, Presiden UEFA Aleksandar Ceferin dan teman baik saja Florentino Perez.”

Terkait pemilihan Madrid sebagai tempat penyelenggaraan leg II final Copa Libertadores, Dominguez menilai Santiago Bernabeu merupakan venue yang tepat untuk laga pamungkas ini.

“Kami menghadapi situasi luar biasa dan harus mencari kota alternatif. Kami yakin Kota Madrid punya semua kondisi yang kami butuhkan. (Laga ini) bisa disaksikan oleh fans kedua klub,” tukasnya.

Seperti diketahui, partai final Copa Libertadores 2018 sejatinya memiliki format dua leg kandang-tandang. Pertandingan leg pertama di markas Boca Juniors digelar pada 11 November lalu dengan hasil akhir 2-2.

Laga leg kedua sendiri sejatinya dijadwalkan digelar pada akhir pekan kemarin di kandang River, El Monumental. Namun rencana berantakan setelah bus rombongan Boca Juniors diserang para pendukung River. Beberapa pemain Boca pun terluka akibat insiden ini.

Awalnya Conmebol hanya memutuskan untuk menunda laga ini menjadi keesokan harinya, akan tetapi para pemain Boca menolak dan akhirnya laga pun ditunda hingga waktu yang akan ditentukan selanjutnya.