Christine Lagarde, direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), kiri, berbincang dengan Presiden Joko Widodo (Reuters)

@Rayapos | Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pemangku kebijakan dunia akan berbagai ancaman yang membayangi perekonomian global. Menurutnya, pascakrisis keuangan global 2008, dunia masih harus waspada dengan berbagai tantangan, di antaranya perang dagang.

“Setelah 10 tahun berlalu, kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya risiko dan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ketidakpastian global,” kata dia dalam “Plenary Session IMF-World Bank”, di Bali, Jumat (12/10/2018).

Baca juga:

Taufik: Prabowo-Sandi Bakal Menang Mudah di Jakarta, Ini Alasannya

Seru… Peristiwa Pasca Duel Khabib vs MacGregor

Selain itu, kenaikan suku bunga The Fed juga memberikan tantangan tersendiri bagi negara-negara dalam menyusun kebijakan ekonominya.

“Seperti yang disampaikan Ibu Christine Lagarde (Managing Director IMF) terhadap banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia. AS menikmati pertumbuhan yang pesat, tapi di banyak negara pertumbuhannya lemah atau tidak stabil,” kata dia.

“Perang dagang semakin marak, dengan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar,” imbuhnya.

Karena itu, dia sekali lagi mengajak para pemimpin dunia untuk waspada untuk menghadapi tekanan global.

“Dengan berbagai masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming,” tegas Jokowi.

BAGIKAN