Mantan Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi (FOTO: Ist)

@Rayapos | Jakarta – Mantan Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi dikabarkan menjadi Bakal Anggota Legislatif pada pemilu legislatif 2019. Hal ini dibenarkakan, Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Nurdin.

Ia mengaku telah menemukan nama Anas Effendi sebagai Bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Iya, Untuk Anas effendi ada namanya di daftar caleg (dari PKB),” kata Nurdin saat dihubungi Rayapos Senin (23/7/2018).

Namun berdasarkan temuan tersebut, disinyalir Anas Effendi belum bisa melengkapi syarat atau dokumen pendaftaran yang diserahkan parpol kepada KPU. Salah satu kejanggalan itu terjadi ditemukan pada form informasi bakal calon (BB2) yang menyebut Anas Efendi sebagai pensiunan PNS.

Baca juga:

Napi Sukamiskin Bisa Pilih Kamar Rp 200 Juta – Rp 500 Juta

KPK: Inneke Terlibat dalam Kasus Suap Kepala Lapas Sukamiskin

Padahal diketahui, meskipun sudah tidak menjabat sebagai Walikot Jakarta Barat, Anas Masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pemprov DKI Jakarta.

“Tapi form BB2 nya itu tertulis pensiunan PNS,” bebernya.

Ia menjelaskan, jika mengingat 240 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengenai Pemilu, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri. Begitupun anggota TNI dan Polri aktif serta PNS harus mundur jika maju menjadi caleg.

Diakui Nurdin, Anas Efendi pun belum melampirkan surat pengunduran dirinya sebagai PNS aktif di Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau memang ada, ya harus mengundurkan diri dahulu,” kata dia.

Lebih lanjut Nurdin, menambahakan apabila para Bacaleg belum bisa melengkapi persyaratan BB2, hingga hari Penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada tanggal 20 September 2018 mendatang. Maka para Bacaleg bakal dicoret namanya dari DCT, hal ini juga berlaku untuk Anas Efendi.

“Kalo sampai DCT tidak melengkapi lampiran2 di BB2 yah akan dicoret dari DCT,” pungkasnya.

Sementara itu, Anas Efendi hingga hari ini masih belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan, terkait kabar pencalegkan-nya dari Partai Kebangkitan Bangsa.

BAGIKAN