@Rayapos | Jakarta – Mantan kapten Timnas Jerman, Lothar Matthaus mengkritik tim asuhan Joachim Loew berada dalam fase mengkhawatirkan. Ungkapan pedas itu dilontarkan jelang laga persahabatan internasional antara Jerman kontra Serbia.

Menurut Matthaus, terlalu banyak masalah yang dibuat oleh Joachim Loew. Sang pelatih dinilainya telah membuat sejumlah keputusan aneh. Salah satunya adalah mundurnya Mesut Ozil yang kemudian menimbulkan kontroversi.

“Kurang lebih 40 tahun saya berada disekitar peristiwa yang dialami timnas Jerman. Saya tidak ingat kapan ada perubahan, pencoretan, perubahan baru yang terjadi sebelum kualifikasi atau sebuah turnamen,” jelas Matthaus, sebagaimana dilansir laman Sky Sports, Rabu (20/3/2019).

“Saya melihat Jerman bangkrut, mengalami nasib buruk dan kecelakaan. Bahkan mereka sudah mulai mengalaminya sejak sebelum Piala Dunia 2018. Cara menangani insiden Mesut Ozil, pencoretan Leroy Sane,” sambungnya.

Baca Juga:

Pochettino: Barcelona Favorit Juara Liga Champions

Gegara Selebrasi ‘Cabul’, Ronaldo Terancam Sanksi UEFA

Moyes Samakan VAR dengan Brexit

Seperti diketahui, Jerman meraih hasil buruk di Piala Dunia 2018. Tampil sebagai juara bertahan, Jerman justru terpuruk. Manuel Neuer dan kawan-kawan tersingkir pada babak penyisihan grup. Kalah dengan skor 1-2 atas Korea Selatan.

Setelah Piala Dunia 2018, kondisi timnas Jerman tidak langsung membaik. Pada ajang Uefa Nations League, Der Panzer jadi juru kunci klasemen Grup 1. Dari empat lagi, tidak sekalipun kemenangan mampu diraih oleh Jerman.

Loew kemudian memang merombak skuat pasca gagal di UEFA Nations League. Tiga pemain senior, Mats Hummels, Jerome Boateng dan Thomas Muller dicoret. Dan, Matthaus melihat keputusan ini harusnya diambil setelah Piala Dunia 2018.

“Saya bisa mengerti hal ini dari sisi olahraga. Dia ingin memadukan skuat dengan pemain muda. Tapi, dari sisi waktu dan cara komunikasi itu sangat buruk,” tukasnya.