Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan, tidak yakin foto Kali Item yang jernih dan sempat viral di media sosial adalah foto asli. Ia menduga itu adalah foto editan.

“Namanya foto zaman sekarang kan bisa di edit, tanyain aja pada anak yang berenang di foto itu berenangnya di mana kapan,” ketus Een saat ditemui Rayapos di kantornya, Rabu, (8/8/2018).

Een sebelumnya sempat dikabarkan telah membenarkan foto yang viral tersebut, asli dan ada di era mantan Gubernur Ahok. Kali ini ia berkilah. Dikatakan Een dirinya hanya menyebut foto tersebut adalah foto zaman dahulu, namun ia mengaku tidak bisa memastikan keaslian foto tersebut.

“Ya namanya zaman dulu, kan air masih bening, Jakarta hutan, saya juga tidak pernah sebut itu di zaman sebelumnya (Ahok),” ungkapnya.

Baca juga:

Abdul Somad: Sampai Mati Saya Jadi Ustaz

Peluasan Ganjil Genap DKI, 7.809 Kendaraan Terjaring Dalam Sepekan

Hotman Paris Komentari Praperadilan Kasus Video Porno Luna Maya dan Cut Tari

Lebih lanjut ketika ditanya, apakah kali sentiong sebelumya pernah mengelurkan aroma yang tidak sedap, seperti kali item masa kini yang harus disemprot parfum dan ditutup kain waring. Pria kelahiran Jawa Barat ini pun enggan bercerita.

Menurutnya tugasnya hanya melakukan pengawasan dan penertiban sektor Sunter Jaya, terlebih persoalan tata air bukanlah tufoksinya.

“Gak tau tau jangan tanya saya, saya mah taunya pengawasan, penertiban itu mah bagian tata air atau LKH,” ketusnya.

Kendati demikian ia mengatakan, tidak ada perbedaan pengawasan dan penanganan masalah kebersihan dengan Gubernur saat ini dan sebelumnya. Apalagi ia mengaku tidak ada perubahan dalam sitem bekerja selama dirinya menjadi Lurah Sunter Jaya.

“Tidak ada itu, sama saja, lihat Danau Sunter sekarang bersih kaya apa, malah meningkat (pengawasan),” tutupnya.

“Baik pengerukan kek, pembersihan, liat di bawah kali pasti ada orang terus (petugas kebersihan),” sambungnya.

Dikabarkan sebelumnya, Lurah Sunter Jaya Een Hermawan, pada tanggal 3 agustus lalu sempat membenarkan keaslian Foto-foto Kali Sentiong yang viral di social media.

Foto yang menunjukan kejernihan ‘kali item’ diklaim telah diambil pada tahun 2017 oleh Rifqi Fathullah.

Pada 26 Maret 2017 lalu. Ia mengunggah kembali foto tersebut melaui aku facebook-nya, saat Kali Sentiong ramai dibicarakan sebagai Kali Item karena warna dan baunya yang tidak sedap.

Saat ini utuk mengurangi bau tidak sedap dari kali Sentiong, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakali dengan penyemprotan parfum dan penutupan kain waring disepanjang kali sentiong.

BAGIKAN