Mencermati Berat Badan Yang Ideal Bagi Seseorang Lewat Indeks Masa Tubuh

@Rayapos | Jakarta: Indeks masa tubuh (BMI) adalah ukuran standard untuk menentukan apakah seseorang mempunyai berat badan yang ideal atau tidak. Yang menjadi pertanyaan apakah hal tersebut masih bisa dijadikan acuan?

Ada tiga kategori untuk berat badan berdasarkan BMI yaitu poin 18,5-24,9 dikategorikan memiliki berat yang ideal atau sehat, poin BMI 25-29 dikategorikan kelebihan berat badan dan BMI diatas 30 dikategorikan obesitas.

Namun, penelitian terbaru di Denmark mengatakan bahwa BMI yang ideal justru terletak pada poin 27, yang sebelumnya dikategorikan sebagai kelebihan berat badan, selain itu penelitian juga mengatakan pemilik BMI 27 memiliki resiko kematain paling rendah.

Mengapa demikian?

Melalui penelitian yang di lakukan oleh Borge Nordestgaard dari Copenhagen University Hospital kepada kurang lebih 120.000 orang, mereka menemukan BMI dengan angka tersebut merupakan angka yang ideal.

Pertama, BMI yang dianggap paling sehat di tahun 1976-1978, yaitu sebesar 23,7. Kedua, di tahun 1991-1994 dengan BMI tersehatnya adalah 24,6 dan di tahun 2003-2012 dengan BMI tersehatnya mencapai 27. Dengan kata lain BMI yang dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian untuk segala penyebab cenderung naik tiap beberapa tahun.

Ketika angka-angka tersebut di kaitkan dengan bebarapa faktor seperti usia, jenis kelamin serta riwayat penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker, ternyata tim Nordestgaard menemukan kesesuaian dengan temuan ini.

“Saya kira temuan ini penting karena dibandingkan BMI di tahun 1970-an, standar kelebihan berat badan individu dewasa ini lebih rendah dibandingkan individu yang berat badannya normal, dan hal ini mempengaruhi risiko kematiannya,” jelas Nordestgaard seperti dilaporkan Askmen.

Ia juga menyatakan bahwa berat badan orang saat ini sudah bertambah, namun mereka mengimbangi dengan perubahan gaya hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga dan juga mengurangi penggunaan konsumsi alkohol.

Ia berharap ada revisi untuk kategorisasi BMI, karena saat ini BMI yang digunakan masih mengacu pada data yang sudah kadaluarsa yaitu sebelum tahun 1990-an. [Prilly Sumual]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY