Mendagri Minta Gubernur Sumut Lantik Bupati Simalungun

Pelantikan pejabat (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos | Medan: Menteri Dalam Negeri meminta Gubernur Sumatera Utara melakukan pengambilan sumpah jabatan dan melantik Wakil Bupati Pemerintah Kabupaten Simalungun yang terpilih Amran Sinaga yang pelantikannya sempat tertunda karena masalah hukum.

“Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Keputusan Nomor 131.12-85 tahun 2017 tentang pengangkatan Wakil Bupati Simalungun. Dijadwalkan, pelantikan dilakukan pada 2 Februari 2016,” ujar Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Provinsi Sumut, Jumsadi Damanik di Medan, Jumat (27/1).

Ia mengatakan hal tersebut usai rapat persiapan pelantikan Wakil Bupati Simalungun yang antara lain dihadiri Sekda Simalungun, Gidion Purba.

Surat Keputusan Mendagri itu sendiri, katanya, dikeluarkan setelah Mahkamah Agung mengabulkan permintaan Arman Sinaga tentang peninjauan kembali atas putusan Mahkamah Agung itu.

“Dengan sudah selesainya permasalahan Amran, maka Mendagri meminta Gubernur Sumut HT Erry Nuradi melantik pejabat Simalungun itu ,” katanya.

Amran Sinaga harusnya sudah dilantik besamaan dengan Bupati Simalungun, JR Saragih pada 22 April 2016. setelah pasangan itu memenangkan pemilihan pada Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2015 lalu.

Namun Karena permasalahan hukum yang belum inkrah atau selesai, Wakil Bupati Simalungun terpilih itu belum dapat dilantik bersamaan dengan pelantikan Bupati Simalungun JR Saragih.

“Agar pelantikan itu berjalan dengan lancar, maka perlu koordinasi dan karena itu ada rapat.Mudah-mudahan pelantikan Wakil Bupati Simalungun itu bisa dilakukan sesuai rencana,” ujar Jumsadi.

Comments

comments