Ilustrasi Minum Obat (Foto: Getty Images)

@Rayapos | Jakarta – Pernah mendengar tentang aturan minum obat maag? Meski banyak yang telah mengkonsumsi obat maag dari dokter, tetapi mungkin ada di antaranya yang bertanya-tanya, “Mengapa obat maag harus dikunyah dan bukan ditelan begitu saja seperti obat-obatan yang lain?

Seperti diketahui, Maag merupakan istilah dari bahasa  Belanda yang berarti lambung sehingga nyeri pada lambung diidentikkan dengan sakit  maag.

Secara umum, gejala sakit maag biasanya berupa rasa perih dilambung, mual bahkan muntah, perasaan penuh, dan sakit pada ulu hati. Jika tidak segera diobati dengan tepat dipastikan sakit maag itu akan semakin parah.

Namun,  seperti dianjurkan para ahli, dokter dan ahli farmasi, biasanya obat maag harus dikunsumsi dengan cara dikunyah terlebih dahuku sebelum ditelan.

Baca juga: 

Mengapa harus dikunyah terlebih dahulu? Begini penjelasannya secara ilmiah;

Obat untuk maag termasuk golongan antasida yang kandungan umumnya berupa Al(OH)3  dan Mg(OH)2 maupun kombinasi keduanya.

Saat gejala maag menyerang, lambung mengeluarkan cairan lambung sehingga menyebabkan PH lambung menjadi asam (ini yang kita kenal sebagai asam lambung).

Komponen dalam antasida yakni Al(OH)3 dan Mg(OH)2 merupakan zat yang bersifat basa, sehingga antasida bekerja sebagai penetralisir asam lambung.

Di bagian inilah obat maag bekerja menormalkan asam lambung menjadi lebih basa daripada sebelumnya. Mengunyah obat menyebabkan obat bekerja lebih cepat dalam menormalkan pH lambung. Dengan dikunyah, obat obat menjadi bagian yang lebih kecil.

Namun, bukan berarti apapun obatnya harus dikunyah terlebih dahulu untuk menjadikan ukurannya menjadi lebih kecil karena enzim dalam saluran pencernaan membantu dalam hal ini. Jadi tetap lihat petunjuk pemakaian terlebih dahulu.

Bagaimana kalau langsung di telan saja obat maagnya? Obat tersebut masih bekerja dan masih memberikan efek tetapi lebih lama munculnya. Jadi sebaiknya untuk memakan obat maag itu  perlu dikunyah dulu baru ditelan, kemudian minum segelas air.