Menhan RI Ryamizard Ryacudu bertemu Menhan Australia Marise Payne di Sydney

rayapos.com - ryacudu
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Australia Marice Payne hari ini di Sydney Australia (Foto: rayapos.com / JPR)

@Rayapos.com | Sydney: Menteri Pertahanan Republik Indonesuia, Ryamizard Ryacudu, hari ini Kamis (16/3), menggelar petemuan dengan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne, bertempat di Fleet Base East Garden Island, Sydney Australia.

Pertemuan dua pejabat tinggi negara tersebut dilangsungkan sebagai bagian dari pertemuan rutin antar menteri pertahanan kedua negara. Di tengah suasana pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengangkat beberapa isu terkini, terkait dengan hubungan Indonesia Australia yang kerap diselingi dengan tensi politik tinggi.

Insiden terakhir adalah pelecehan dasar negara Pancasila, yang dilakukan terjadi di salah satu fasilitas pendidikan militer di Perth. Akibat kejadian tersebut, pemerintah Indonesia mengambil langkah tegas dengan memutuskan kerja sama militer dengan Australia.

Namun dengan kerja keras kedua belah pihakm disertai itikad baik pihak Australia, hubungan kerja sama militer kini sudah dapat dipulihkan. Seperti diketahui, Australia melayangkan permohonan maaf dan menindak oknum yang melakukan pelecehan Pancasila tersebut.

Dalam pertemuan dengan Marise Payne yang tengah berlangsung siang ini, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan apresiasi, sehubungan tindakan tegas pemerintah Australia ketika insinden penghinaan Pancasila terjadi.

Sementara itu, beberapa hal diangkat oleh Ryamizard dalam pertemuan ini adalah sejumlah isu strategis seperti kerja sama bilateral dan dinamika keamanan regional. Adapun cakupan pembicaraan bilateral menyasar beberapa sektor seperti kerja sama maritim, kerja sama industri pertahanan, serta kerja sama di bidang ilmu dan tekhnologi.

Selain itu, kedua pihak juga bertukar pandangan mengenai dinamika keamanan regional. Secara spesifik, kedua pejabat tinggi tersebut membahas isu seputar keamanan seputar kawasan Asia Pasifik Selatan, rencana kerja antara RI dan Australia dalam kerangka ADMM Plus di bidang.

Sementara itu, menyikapi kehadiran kekuatan militer Amerika Serikat di Australia, Menhan Ryamizard Ryacudu menegaskan harapannya supaya militer AS akan mengambil bagian positif dalam pemeliharaan keamanan dan perdamaian kawasan Asia Pasifik.

Turut mendampingi Menteri Pertahanan RI adalah Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) TNI Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, MBA, Direktur D Bais TNI Marsekal Pertama Kisonda Wiranata Kusumah, dan Atase Pertahanan RI di Canberra Brigjen (Marinir) Widad Prasojo Aji.

Comments

comments