rayapos.com - Retno Marsudi - permasalahan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Terkait kasus pemerkosaan terhadap seorang mahasiswi asal Indonesia di Belanda pada akhir pekan lalu, Kementerian Luar Negeri RI terus menindaklanjuti kasus tersebut.

Sebagaimana dilansir siaran persnya, Kamis (26/7/2018), Kemlu menyebut kakak dan ayah korban sudah berada di Rotterdam untuk mendampingi korban. KBRI Den Haag juga memberikan asistensi yang dibutuhkan bagi keluarga korban.

“Sejak hari pertama mengetahui kejadian, wakil KBRI tetap berada di Rotterdam untuk mengantisipasi jika korban atau keluarga membutuhkan dukungan sekakigus untuk koordinasi dengan otoritas setempat,” tulis pernyataan itu.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi juga melakukan komunikasi dengan Menlu Belanda, Stef Blok dan menyampaikan keprihatinan terhadap peristiwa yang menimpa seorang WNI di Negeri Tulip tersebut.

“Meskipun aparat penegak hukum Belanda sudah melakukan banyak hal pasca kejadian itu, Menlu Retno meminta agar peristiwa ini diberikan perhatian khusus untuk memastikan pelakunya dihukum seberat-beratnya,” imbuh keterangan tersebut.

Menanggapi hal itu, Stef Blok menyampaikan bahwa masyarakat Belanda sangat terkejut dengan kejadian ini. Ia juga memastikan kepolisian Belanda akan melakukan yang terbaik untuk menangkap dan menghukum pelaku.

BAGIKAN